Pendidikan & Kesehatan

FK UNAIR Hadirkan Ahli Nyeri Kanker dari Amsterdam

Surabaya (beritajatim.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kembali melakukan kerjasama dengan Ahli dari negeri maju di bidang kedokteran, kali ini bersama An Liong Liem, MD. Ph.D. FIPP dari the Free University College of Madicine Amsterdam.

An Liong berkerjasama dengan Departemen Anastesi FK Unair sejak dua tahun lalu sebagai dosen tamu, dan saat ini diresmikan kerjasamanya melalui MoU, Jumat (15/3/2019). An Liong yang berdarah Jawa karena ayah kandungnya berasal dari Purworejo pun memberikan materi terkait Pain Cancer dengan sedikit mencampurkan bahasa Indonesia yang dia bisa.

Menurut Prof. Dr. dr. Nancy Margarita Rehatta, Sp.An, KNA, KMN.   selaku insiator kerjasama ini, Ah Liong memiliki fokus studi yang sama dengan departemen Anastesi dan Paliatif.

“Sudah lama jadi pembicara di seminar kami ada penelitian bareng juga tapi MoU baru sekarang,” ujar Margarita.

An Liong pun akan fokus pada kerjasama riset dan pengembangan manejemen nyeri dengan intervensi injeksi. Selain itu ia akan fokus pada penanganan nyeri kanker dengan team work treatment multi disipliner.

“Nanti bersama sama akan dikembangkan secara menyeluruh efektif untuk menejemen nyeri kanker dengan tim yang terdiri dan Neurologistasi, Psikiater, Psikologi, Dokter Bedah, Onkologi, Anastesi. Tim ini diharapkan mampu memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi penderita kanker dan meminimalisir nyeri yang diderita,” terang An Liong. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar