Pendidikan & Kesehatan

FK Unair Adakan Sosialisasi Virus Corona ke Guru SMP dan SMA


Surabaya (beritajatim.com)
– Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jatim hari ini menggelar sosialisasi Virus Corona kepada guru SMA dan SMP di Aula FK Unair.

Menurut Dekan FK, Prof Soetojo, sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi dan meminimalisir kekhawatiran masyarakat terkait virus corona.

“Jadi selama ini kan orang orang khawatir, lah kekhawatiran itu kareminimnya pengetahuan mendalam mereka terkait virus ini. Jadi kita mau sosialisasikan apa itu virus corona, bagaimana penyebaran dan penanganannya. Agar tidak lagi perlu khawatir karena virus ini bisa ditangani dengan tenang,” ujar Prof Soetojo, Jumat (14/2/2020).

Sosialisasi ini pun membawa 2 narasumber utama yakni, Dr Soedarsono dr Sp P K dari RSUD Dr Soetomo dan Setya Budiono dr M Kes perwakilan dari Dinkes Jatim.

“Karena gejala klinis yang terlihat mirip dengan influenza biasa tapi tidak perlu khawatir jika pilek batuk panas, belum tentu itu corona,” ujar Dr Soedarsono.

Terlebih lagi tidak semua yang memiliki gejala sama bisa menjadi suspect atau yang diduga corona. Saat ini pemerintah Indonesia lebih menfokuskan diri pada yang pernah bersinggungan dengan wilayah China. Baik turis maupun WNI yang berasal dari China.

Oleh karenanya, pasien yang mengeluhkan gejala yang serupa dengan virus corona tetapi tidak bersentuhan langsung dengan wilayah China atau Warga negara China, belum bisa diberi status suspect tetapi tetap dalam pengawasan.

“Tentu saja kami tetap waspada terhadap segala kemungkinan. Tapi tidak semua yang memiliki gejala tersebut dilakukan swap atau uji lab,” terangnya.

Dr Soedarsono pun memberikan tips agar tetap sehat yakni dengan terus menjaga stamina dan daya tahan tubuh dengan menggunakan masker dan makan makanan sehat, istirahat cukup dan olah raga. [adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar