Pendidikan & Kesehatan

Film Mahasiswa Universitas Jember Tayang di Cinema Mall

Jember (beritajatim.com) – Sebuah film berjudul “Bhàko, The Golden Leaf” karya tiga mahasiswa Program Studi Televisi dan Film (PSTF) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember tayang perdana di bioskop Kota Cinema Mall, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu malam (10/7/2019).

Film ini karya Alif Septian sebagai sutradara, Daris Zulfikar sebagai penata kamera dan M. Ariyanto selaku penyunting gambar. Penayangan perdana film Bhàko dihadiri oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember bersama jajaran dekanat Fakultas Ilmu Budaya dan PSTF. Hadir pula mahasiswa Kampus Tegalboto, pegiat seni dan film di Jember, kru pembuatan film dan masyarakat umum.

Bhàko menggunakan Bahasa Madura sesuai dengan lokasi film dibuat. Film ini bercerita tentang Fauzi, sarjana anak Haji Imam ingin segera menikah, Yoyon si buruh tani berniat mengobati istrinya, dan Pak Mul si tengkulak ingin membayar hutang-hutangnya.

Alif punya alasan mengangkat tembakau dalam sinema. “Saya ingin menyampaikan kepada khalayak luas mengenai sisi lain dari usaha tembakau yang mungkin belum banyak diketahui orang,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Kamis (11/7/2019).

Pengambilan gambar film Bhàko sendiri dilakukan selama delapan hari pada Oktober 2018 lalu dengan mengambil lokasi di daerah Kalisat, Sukowono dan Sumberjambe. Para pemainnya adalah para petani tembakau, sesama mahasiswa PSTF dan pegiat teater di Jember. Bhàko adalah tugas akhir bagi Alif, Daris dan Ariyanto. Setelah pemutaran film mereka bakal mempertahankan karyanya di hadapan dosen penguji.

Apresiasi dilontarkan oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember. “Salut atas karya mahasiswa PSTF Fakultas Ilmu Budaya, semoga akan diikuti oleh karya-karya film selanjutnya,” katanya. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar