Pendidikan & Kesehatan

Fairuz Zuhair, Raih Predikat Wisudawan Berprestasi Wirausaha Unair

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi seorang wirausahawan sudah menjadi misi Muhammad Fairuzzuddin Zuhair sejak duduk di bangku sekolah dasar. Tak ayal, bila mahasiswa S1 Fakultas Sains dan Teknologi tersebut meraih gelar Wisudawan Berprestasi Wirausaha pada periode wisuda September ini. Minat lelaki yang kerap disapa Fairuz tersebut dimulai semenjak ayah dan ibu Fairuz mengajarinya cara berwirausaha.

Ayah Fairuz adalah seorang pedagang emas di sebuah pasar di Sidoarjo, sedangkan Ibunya seorang dosen di universitas negeri yang menyambi berjualan perlengkapan rumah tangga. Setiap akhir pekan Fairuz menjadi laboratorium perjalanan wirausaha yang kemudian mengasah cita-citanya. Di mana pada hari Sabtu ikut ayahnya menjaga ruko, sedangkan minggu ikut ibunya kulakan di Pusat Grosir Surabaya. “Melihat jerih payah mereka kala menghidupi keluarga, saya lalu termotivasi untuk menjadi seorang pengusaha sukses di kemudian hari,” jelas Fairuz.

Saat memasuki usia remaja Fairuz menemui beberapa mentor unggul yang semakin membuat mindsetnya berubah. Mereka mengatakan bahwa menjadi pengusaha adalah suatu kewajiban. Mereka adalah Jaya Setia Budi, Mardigu Wowiek, Syamsul Alam, Novianto, Budi Suryanto, Ananditho.

Mereka pula yang akhirnya memaksa Fairuz berfikir keras mengenai nasib bangsa ini. Sudah saatnya pengusaha Indonesia memberikan warna di pasar dunia. Semakin dewasa Fairuz mulai menyadari betapa Indonesia kini membutuhkan campur tangan pengusaha muda untuk melakukan perubahan. “Minat wirausaha kemudian mulai saya kembangkan tatkala memasuki dunia perkuliahan. Saya membuktikan itu dengan menginisiasi berdirinya Markaswalet.com,” lanjut Fairuz.

Markeswalet.com merupakan situs website yang membantu para petani walet untuk terhubung dengan eksportir sarang walet. Dengan cara kerja para petani dapat menawarkan hasil panennya kepada eksportir. Dengan adanya saluran distribusi yang lebih ringkas dan rapi, Harapannya petani sarang walet dapat menikmati hasil panen yang lebih optimal. Perlu diketahui bahwa keberadaan markas sarang walet.com dapat meningkatkan kekuatan ekonomi lokal dan mampu bersaing di kancah global.

Selain aktif mengembangkan minat di bidang wirausaha, Fairuz juga aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi. Tercatat Fairuz pernah menjabat sebagai Wakil Ketua BEM UNAIR 2018, Ketua Bursa Eksakta FST 2016, Ketua Generation of Al HAROMAIN 2017, Kepala Departemen Kesantrian PESMA Baitul Hikmah 2016, Menteri Kewirausahaan Jemari Indonesia Muda 2014 Ketua Breakdance MAN 3 Malang 2013, Staff Kebijakan Publik BEM UNAIR 2015, Staff Kaderisasi PSDM HIMATIKA UNAIR 2015,dan lain-lain. “Terakhir, saya berharap kepada semua generasi muda untuk terus aktif mebuat perubahan untuk kemajuan bangsa ini,” pungkasnya. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar