Pendidikan & Kesehatan

Dua Murid SMKN 1 Ngasem Ciptakan Robot Penyiram Tanaman Otomatis

Kediri (beritajatim.com) – Dua murid SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri berhasil menciptakan alat penyiram tanaman otomatis yang bisa dikendalikan lewat smartphone. Alat yang dilengkapi dengan indikator kelembapan tanah ini, dinilai lebih efisien dan efektif untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Dua murid penemu robot dari mikro kontroler tersebut adalah Fatkhur dan Azis . Alat penyiraman tanaman otomatis buatannya ini dioperasikan menggunakan sebuah gawai.

Fatkhur dan Azis mengaku, ide pembuatan alat tersebut muncul setelah tanaman milik sering mati dan layu saat ditinggal bepergian. Dari situlah dua orang siswa tersebut, kemudian berinisiatif menciptakan alat penyiraman yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Alat yang terbuat dari sejumlah barang elektronik dan pipa air bekas ini, memanfaatkan layanan telegram untuk sistem pengoprasiannya. Selain itu robot penyiram tumbuhan tersebut, juga dilengkapi dengan pengukur kelembapan tanah.

“Sistem kerja penyiram tanaman tersebut juga sederhana, aplikasi telegram yang ada di gawai harus disambungkan terlebih dahulu dengan konektor alat. Setelah itu, barulah robot secara otomatis dapat dioperasikan dari jarak jauh,”  kata Mohammad Fatkhur, Kamis (23/1/2020).

Bahkan robot pintar tersebut akan berhenti menyirami tanaman jika kelembapan tanah lebih dari 60 persen. Menurut fatkhur, perlu bererapa kali uji coba untuk menciptakan mesin penyiram tanaman tanpa awak ini.

Selain itu, diperlukan biaya lebih dari Rp 800 ribu untuk membuat satu unit alat penyiram tumbuhan otomatis tersebut.

Sementara itu pihak sekolah selalu memfasilitasi siswa yang ingin berkreasi, bahkan pihak sekolah pun mendukung penuh atas temuan alat ini dan hingga mendaftarkan untuk ikut kejuaraan tingkat provinsi.

“Kami mendukung setiap siswa untuk berkreasi, termasuk yang dilakukan oleh Fatkhur dan Azis ini,” kata Ari Eka Prasetyo, guru Pembina.

Kini alat buatan siswa kelas 12 tersebut, telah digunakan pihak sekolah untuk menyirami tanaman hidroponik. Selain efisien, penggunaan mesin tersebut juga lebih efektif, karena mampu mengkontrol kebutuhan air pada tanaman dengan baik. [nm/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar