Pendidikan & Kesehatan

Dr M Busyro Muqaddas: Pusat Regenerasi Terbesar Pondok Pesantren

Pamekasan (beritajatim.com) – Dr M Busyro Muqaddas menilai bangsa Indonesia harus segera membuat regenerasi, demi menunjang arus perubahan bangsa khususnya dalam sektor politik.

Hal itu disampaikan Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat mengisi materi Ngaji Politik dalam pelaksanaan Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Panaan, Palengaan, Pamekasan, Senin (14/1/2019).

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Islam dan Kebangsaan; Transformasi Gagasan dan Praktik Politik Islam di Indonesia’, Busyro Muqaddas dipanel dengan Mantan Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Dr Artidjo Alkostar dan dipandu salah satu alumni Pesantren Bata-Bata, Ismail Napolion.

“Perubahan politik di Indonesia sangat diperlukan, dan hal itu harus mulai dari kita seperti yang tertuang dalam firman Allah dalam al-Qur’an; Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali mereka merubah diri mereka sendiri,” kata Dr M Busyro Muqaddas.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai konstalasi politik bangsa Indonesia saat ini perlu diselamatkan. Salah satunya dengan membuat regenerasi. “Salah satu pusat regenerasi terbesar adalah pondok pesantren, khususnya para santri,” ungkapnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ia menilai santri memiliki basic keagamaan mempuni. Sehingga nantinya diharapkan bisa membawa perubahan terhadap paradigma politik di Indonesia. “Semoga kita semua sukses bertauhid, beramal salih dan khusnul khotimah,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar