Pendidikan & Kesehatan

DKPP Kabupaten Kediri Bersama PDHI Beri Vaksin Gratis Hewan Penular Rabies

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kediri Raya memberikan vaksin gratis bagi hewan penular rabies. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia.

Pemberian vaksin gratis ini digelar di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri. Ada beberapa hewan yang diberikan vaksin diantaranya, jenis anjing dan kucing.

Momen ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memeriksakan hewan peliharaanya. Selain vaksin, tim dokter hewan juga memberikan pengobatan gratis terhadap hewan yang sedang sakit.

Menurut dokter hewan Wiarsono Sigit, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim X, sebesar 98 persen penyakit rabies tertular melalui gigitan anjing, sementara sisanya 2 persen berasal cakaran kera dan air liur kucing.

Meskipun tidak ditemukan hewan terjangkiti rabies, tetapi pihak dinas dan tim dokter mengimbau pemelihara tetap waspada dan memeriksakan hewannya secara rutin.

“Kalau pemeriksaan hewan berpenyakit menular sendiri di kabupaten kediri dilakukan melalui pemetaan wilayah populasi. Untuk populasi hewan jenis anjing terbesar berada di wilayah Segaran, Ngancar,” drh. Tuti purwaningsih, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri.

Jumlah peserta yang mengikuti vaksinasi gratis ini melebihi target 100 peserta. Rencananya kegiatan ini akan di agendakan rutin setiap tahun, dengan tetap melibatkan perhimpunan dokter hewan. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar