Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Pamekasan Imbau Masyarakat Antisipasi Penyakit Musim Pancaroba

Foto: Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, mengimbau masyarakat agar mengantisipasi berbagai jenis penyakit yang lumrah terjadi saat memasuki pergantian musim alias musim pancaroba.

Salah satunya penyakit Demam Berdarah Deague (DBD) yang merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat perlu diantisipasi. “Selain DBD, jenis penyakit yang biasa terjadi saat pancaroba adalah batuk dan pilek,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Pamekasan, Farid Anwar, Sabtu (2/11/2019).

“Jenis penyakit batuk dan pilek ini terjadi karena penyesuaian kondisi dari panas ke dingin, dan jenis penyakit ini bisa dicegah dengan asupan gizi yang seimbang. Tidak kalah penting yang harus diwaspadai dan diperhatikan secara serius, yakni penyakit DBD,” ungkapnya.

Pencegahan jenis penyakit ini bisa dilakukan dengan membasmi jentik nyamuk aedes agypti di tiap rumah warga, salah satunya melakukan PSN-3M Plus.

“Jadi salah satunya dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras, menutup tempat sarang nyamuk dan memanfaatkan kembali barang seperti gelas air mineral,” jelasnya.

“Dari itu kita mengimbau masyarakat di setiap rumah agar ada jumantik (juru pemantau jentik), apalagi kita juga memberikan imbauan bagi para petugas masing-masing Puskesmas di Pamekasan, agar melakukan sosialisasi dan upaya pencegahan penyakit DBD dengan melakukan siaran keliling,” tegasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar