Pendidikan & Kesehatan

Dewan Gresik Setuju Pembangunan SMPN 32 Terus Berlanjut

Gresik (beritajatim.com) – Komisi IV DPRD Gresik melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di hari pertama masuk sekolah. Salah sekolah yang disidak adalah sekolah SMPN 33 yang berada di Kecamatan Driyorejo, Gresik. Keberadaan sekolah baru tambahan itu berkaitan dengan rencana pembangunan yang akan dilakukan tahun ini.

Kalangan dewan menilai, sekolah baru tersebut harus tetap dibangun, mengingat jumlah lulusan siswa SD di wilayah Desa Bambe, Kecamatan Driyorejo masih tinggi.

Sebelumnya, akan dibangunnya sekolah SMPN 33 itu sempat ditolak oleh sekolah swasta. Pasalnya, mereka khawatir tidak mendapat siswa baru saat pendaftaran peserta siswa didik baru. Mereka menilai, pembangunan sekolah baru akan mengurangi jatah murid baru di sekolah swasta.

Namun alasan tersebut dibantah oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Gresik Hamzah Takim. Pasalnya sesuai hasil sidak, setiap tahun lulusan SDN Bambe meluluskan sebanyak 200 siswa. Sementara yang mendaftar di SMPN 33 Gresik hanya berjumlah 100 orang.

“Dari data tersebut membuktikan bahwa adanya sekolah negeri baru tidak mematikan peran swasta, mereka masih bisa berpelung masuk ke swasta,” ujarnya, Senin (15/07/2019).

Masih menurut politisi asal Golkar itu, dirinya meminta agar sekolah swasta berhenti melakukan protes atas berdirinya sekolah negeri baru yang akan dibangun di Driyorejo. Apalagi pembangunan tersebut atas dasar kemauan warga sekitar.

“Selama ini banyak dari lulusan SD mencari sekolah lanjutan di luar daerah. Dengan adanya sekolah baru bisa mengurangi siswa yang sekolah ke luar daerah,” ungkapnya.

Secara terpisah, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Nur Maslichah menuturkan, sesuai kajian, berdirinya sekolah baru tidak menyebabkan penurunan siswa yang mendaftar ke sekolah swasta. Karena itu, dirinya mengimbau agar pihak sekolah swasta berhenti melakukan penolakan.

“Pembangunan SMPN 33 terus berlanjut, tidak usah kuatir ada kekurangan murid yang mendaftar ke sekolah swasta,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar