Pendidikan & Kesehatan

Bupati Jember Kawal Pengusulan KH Achmad Siddiq Jadi Pahlawan Nasional

Bupati Faida bersama Akhmad Taufiq dari Unej

Jember (beritajatim.com) – Bupati Jember Faida akan mengawal pengusulan gelar kepahlawanan KH Achmad Siddiq ke pemerintah pusat, bertepatan dengan Bulan Pancasila pada Juni 2019. Salah satunya dengan mengadakan seminar.

“Beliau adalah pejuang untuk asas tunggal Pancasila dalam sejarah bangsa kita yang membuat NKRI tenteram, aman, damai sampai saat ini. Masyarakat Jember ingin mengajukan gelar kepahlawanan bagi Kiai Achmad Siddiq,” kata Faida usai bertemu dengan perwakilan Tim Gugus Tugas Penyusunan Naskah Akademik Pengusulan KH Achmad Siddiq sebagai Pahlawan Nasional, di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (10/5/2019).

Faida akan mengawal gelar pengusulan bersama tim dari keluarga, masyarakat, dan akademisi Universitas Jember. Seminar digelar untuk menyosialisasikan pengusulan gelar kepahlawanan KH Achmad Siddiq kepada masyarakat. Nantinya pengusulan itu akan disampaikan melalui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Berdasarkan kajian tim Unej, KH Achmad Siddiq memiliki peran strategis terhadap penerimaan Pancasila sebagai asas tunggal bernegara melalui tiga hal. Pertama, KH Achmad Siddiq memberikan argumentasi penerimaan NU terhadap Pancasila dengan mengurai butir-butir Pancasila dikontekskan dengan nilai-nilai agama Islam ahlussunnahwaljamaah annahdliyah.

Kedua, penerimaan Pancasila tersebut akhirnya memberi dampak besar terhadap arah orientasi dakwah NU dan kontribusinya pada stabilitas politik nasional. Ketiga, penerimaan Pancasila tersebut meneguhkan komitmen NU untuk berkontribusi terhadap pembangunan bangsa terutama pembangunan ekonomi kerakyatan dan berbagai aspek kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar