Pendidikan & Kesehatan

KLB Hepatitis A, Bupati Indartato: Bentuk Tim Untuk Mengedukasi Masyarakat

Pacitan (beritajatim.com) – Pasca penetapan KLB hepatitis A di Pacitan, pemkab setempat akan membentuk tim untuk turun langsung ke akar rumput. Guna mengedukasi, bagaimana cara hidup sehat yang baik dan benar. Supaya bisa tertanam langsung kepada seluruh masyarakat.

“Tim ini nantinya terdiri dari semua instansi terkait dan semuanya terlibat,” kata Bupati Pacitan Indartato, saat ditemui beritajatim.com di pendopo, Jumat (28/6/2029).

Mengapa semua terlibat? Indartato menjelaskan karena tidak bisa kerja sendiri untuk mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat. Dia mencontohkan untuk pasar, yang terlibat selain Dinas Perindustrian dan Kesehatan juga ada Dinas Perdagangan. Mereka sama- sama mengedukasi pentingnya kebersihan di lingkungan pasar dan barang-barang yang dijualnya.

Terkait tanggap darurat pasca penetapan KLB ini, yang dilakukan pemkab Pacitan pertama melakukan tata kelola kasus, artinya kasus ini segera ditangani cepat. Kedua mendata terus tiap saat supaya datanya valid. Dan ketiga melokalisir pasien yang sudah terserang virus Hepatitis A. “Ini dilakukan supaya wabah penyakit hipatitis A ini tidak menyebar kemana-mana,” katanya.

Bupati Indartato menambahkan karena sudah ditetapkan KLB, pasien dengan penyakit Hepatitis A ini seluruh pembiayaan akan dicover oleh Pemkab Pacitan. “Harapannya semoga kasus ini cepat selesai. Dan jumlah penderita segera menurun,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar