Pendidikan & Kesehatan

Buka PS Pertambangan, Unej Siap Dialog dengan NU

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, siap berdialog dengan Nahdlatul Ulama maupun pemangku kepentingan lainnya terkait dengan dibukanya Program Studi Pertambangan Fakultas Teknik.

“Kami siap berdialog dan menerima masukan dari segenap stake holder Universitas Jember,” kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Agung Purwanto.

Unej berencana dalam waktu menggelar seminar. Tujuannya memperkenalkan ciri khas dan keunggulan yang akan dibangun oleh Program Studi Teknik Pertambangan. Mereka siap bekerjasama dengan semua pihak, agar tujuan meluluskan tenaga pertambangan yang berwawasan lingkungan dan ahli dalam tahap pengelolaan pasca tambang dapat tercapai.

“Misalnya saja bekerjasama dengan organisasi agama seperti Nahdlatul Ulama dalam memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai fiqh tata kelola sumber daya alam, dan teologi lingkungan,” kata Agung.

Fanteri Aji Dharma, salah satu dosen di Program Studi Teknik Pertambangan, mengatakan, lulusan program studi itu akan diberi bekal ilmu Teknik Pertambangan dan ilmu lingkungan. “Kami sudah menyiapkan kurikulum yang sesuai misalnya mata kuliah Analisa Dampak Lingkungan, Green Mining, keselamatan dan kesehatan kerja tambang, serta memasukkan wawasan lingkungan sejak awal semester perkuliahan. Apalagi kampu ini memiliki banyak pakar di bidang lingkungan,” katanya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar