Pendidikan & Kesehatan

Bruk!! Atap SDN Dukuhklopo Jombang Ambruk

Seorang guru sedang membersihkan sisa-sisa reruntuhan ambruknya atap SDN Dukuhklopo

Jombang (beritajatim.com) – Ketenangan warga Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Jombang, berubah menjadi kepanikan. Hal itu menyusul ambruknya atas SDN (Sekolah Dasar Negeri) setempat, Minggu (10/11/2019) sore. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Bangunan yang ambruk adalah ruang kelas 1 dan 2. Dua ruangan tersebut biasanya dtempat 47 siswa. Namun beruntung, sebelum petaka datang, seluruh siswa di ruang kelas tersebut sudah diungsikan sejak setahun lalu. Karena kondisi bangunan itu sudah rapuh dan retak-retak.

“Sebeelumnya, kami juga sudah mengajukan rehab ke dinas terkait. Namun hingga sekarang belum ada respon. Hingga akhirnya atap yang sudah rapuh itu rontok dimakan usia,” kata salah satu guru SDN Dukuhklopo, Sunaryo, Senin (11/11/2019).

Sunaryo merinci, SDN Dukuhklopo berdiri pada 1987. Ironisnya, sejak saat itu hingga sekarang belum ada ronovasi. Perbaikan ringan hanya di bagian jendela kelas. Sementara, atap serta bangunan mulai lapuk dimakan usia.

Karena kondisi itu pula, tiga tahun lalu pihak sekolah mengajukan renovasi. Sayangnya, belum ada respon dari pengajuan tersebut. Pihak sekolah yang was-was kemudian mengungsikan murid kelas 1 dan 2 ke ruang lain sejak setahun terakhir.

“Robohnya atap kelas tersebut disebabkan karena struktur kayu penyangga yang sudah keropos. Demikian juga kuda-kuda sebagai penyangga atap yang kondisinya juga lapuk. Kami berharap pemkab segera bertindak. Yakni, membangun kembali atap yang ambruk,” harap Sunaryo. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar