Pendidikan & Kesehatan

Bloodjek dan SUSI Lumajang Masuk Nominasi Pelayanan Publik Tingkat Dunia

Lumajang (beritajatim.com) – Inovasi pelayanan publik di bidang kesehatan Lumajang menjadi nominasi di tingkat dunia, yakni UNSPA (United Nation Services Public Award) Tahun 2019 di Azerbaijan. Ada 2 inovasi, terdiri dari Bloodjek dan Susi dalam menenakan angka kematian.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, dua program inovasi pelayanan publik sudah terbukti di tingkat Nasional. Bloodjek mampu menjadi jasa antar darah ke rumah sakit yang membutuhkan.

“Adanya bloodjek darah dengan cepat diantar bisa digunakan diperkotaan padat dan daerah kabupaten kota dengan kondisi alam yang berat,” jelasnya.

Masih kata Thoriq, inovasi Bloodjek terletak pada tempat membawa darah di atas motor. Sehingga, sterilisasi darah tetap bagus yang awalnya diantar dengan mobil.

“Bloodjek menjadi salah satu layanan jasa antar yang peka zaman,” terangnya.

Kemudian Program SUSI (Suami SIaga) ini adalah pelayanan bagaimana dinas kesehatan melalui puskesmas mengajak para suami bisa menjadi pendamping istrinya yang hamil. Ternyata, suami tidak lagi acuh tak acuh terhadap istrinya hamil disaat sibuk bekerja.

“Ternyata, kehadiran suami bagi ibu hamil saat persalinan meningkat harap hidup luar biasa,” paparnya.

Bupati Thoriqul Haq juga akan melakuakn paparan dihadapan UNSPA dalam program pelayanan publik mampu menjadikan masyarakat jauh dari kematian dan punya harapan hidup besar. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar