Pendidikan & Kesehatan

Biaya BPOPP SMA di Gresik Telah Cair

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Biaya penunjang operasional penyelenggara pendidikan (BPOPP) akhirnya cair. Kendati demikian, program itu hanya untuk sekolah SMA dan SMK. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) rencananya akan diberikan subsidi dari Pemprov Jatim.

“Informasi pastinya belum ada. Namun, memang ada rencana subsidi SPP untuk MA mulai tahun ajaran 2020 nanti,” ujar Staf TU Dinas Pendidikan cabang Gresik, Sri Suprawati, Senin (23/09/2019).

Sri menambahkan, terkait BPOPP ini juga belum sepenuhnya cair. Hal ini karena baru sekolah negeri yang mendapat pencairan. Baik SMA maupun SMK. Sebab, untuk pencairan SMA/SMK swasta persyaratan yang dibutuhkan masih perlu diverifikasi.

“Untuk pencairnya BPOPP swasta ini tidak lama lagi. Sebab, ketika mengajukan berkas ke provinsi, pihaknya mengajukan secara bersamaan. Swasta memang syaratnya banyak. Termasuk NPHD,” imbuhnya.

Saat ditanya apa dana BPOPP membuat siswa tidak dikenakan biaya. Dijelaskan Sri, itu semua tergantung kebijakan sekolah masing-masing.

“Sekolah negeri dipastikan sama. Ini kan nominalnya sudah jelas. Dikembalikan lagi biaya operasional sekolah sebelum ada dana ini. Kalau swasta kan kebanyakan lebih mahal,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dana BPOPP ini secara rinci yakni Rp 95 ribu per siswa untuk SMA. Sementara Rp 170 ribu per siswa untuk SMK teknik, dan Rp 135 ribu untuk SMK non teknik. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar