Pendidikan & Kesehatan

Berlaga di Italia, Atlet Karate UMM Sumbang Emas bagi Indonesia

Malang(beritajatim.com) – Kerja keras Shofiyah Nur Yustina, mahasiswa program studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berlatih karate selama 8 hingga 10 jam setiap harinya. Kerja keras itu, terbayar dengan raihan emas di ajang International Cup 2019 di Italia.

Shofiyah bersama timnya memperoleh gelar juara dalam kategori beregu. Ajang tingkat internasional yang diselenggarakan Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF) ini menambah catatan prestasi UMM di tingkat global.

Kunci kemenangan Shofiyah dan timnya, 24 Januari lalu, yakni pantang menyerah dalam berlatih. Latihan dianggapnya sebagai pertandingan sesungguhnya. Sehingga, kegigihan Shofiyah dalam Karate tidak bisa diragukan lagi.

“Selama tiga bulan, secara intens berlatih dengan melakukan training center. Tujuannya menaikkan grade dan teknik-teknik karate. Belanda, Jepang dan tuan rumah Italia jadi lawan terberat,” kata Sofiyah.

Shofiyah bersama kawan satu timnya dari Indonesia berhasil menyisihkan 25 negara lainnya. Termasuk Jepang, negara tempat di mana cabang olahraga ini lahir. Meski begitu, untuk Kata kategori perorangan Shofiyah kurang beruntung.

Diakui, Shofiyah memeragakan gerakan Kata dengan tempo terlampau lambat. Juga, terdapat kesalahfahaman informasi dengan pihak panitia. Sementara di tahun lalu, Shofiyah mendapat 2 medali emas dalam kata kategori perorangan dan beregu.

“Meskipun tidak menang di kategori perseorangan, yang terpenting saya berusaha semaksimal mungkin. Saya akan mencoba lagi di lain kesempatan,” tandasnya.

Pada 8 hingga 10 Maret mendatang, ia akan berlaga di Solo dalam ajang kejuaraan Karate se- Asia Tenggara. Kemudian, pada 25 Maret akan mengikuti ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Jakarta. (Luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar