Pendidikan & Kesehatan

Begini Salat Tarawih Ramah Anak Ala SDMM

Gresik (beritajatim.com) – Sekolah Dasar Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik, punya cara tersendiri untuk mendidik salat tarawih terhadap anak-anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah melibatkan orang tua saat melaksanakan kegiatan salat di Bulan Ramadan.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Ahmad Faizun mengatakan, salat tarawih ramah anak setiap tahun selalu dilaksanakan. Harapannya, melalui kegiatan ini, anak-anak bisa tenang. Sedangkan orang tua bisa nyaman membimbing anaknya saat melaksanakan salat tarawih.

“Kegiatan salat tarawih yang kami lakukan ini, fokusnya tidak memarahi anak-anak, tapi sebaliknya mengingatkan dan diberi pengarahan,” katanya, Sabtu (11/5/2019).

Lebih lanjut Ahmad Faizun menuturkan, saat kegiatan salat tarawih, orang tua wajib mendampingi termasuk gurunya. Hal ini dilakukan supaya anak-anak saat ramai bisa diingatkan. “Posisi pendamping atau gurunya sengaja kami tebar. Sehingga, yang berperan bukan hanya orang tua, tapi juga guru pendamping,” tuturnya.

Sementara, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ini, M.Shafiqi Mahardika, atau dipanggil Denis mengaku sangat senang bersama orang tuanya bisa tarawih di sekolah. “Saya senang tarawih bersama dengan ibu di sekolah. Sebab, setelah salat diberi kue,” ujarnya sambil tersenyum.

Pelaksanaan salat tarawih bersama di SDMM memang berbeda. Salah satunya cermah agama yang disampaikan juga bernuansa anak. Kegiatannya pun tidak bertele-tele sehingga anak-anak sangat menikmati. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar