Pendidikan & Kesehatan

Ada 6 PDP Corona, Ini Persebarannya di Ponorogo

Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jumlah orang di Ponorogo dengan dugaan gejala Covid-19 atau virus Corona terus merangkak naik. Per hari ini Senin (23/2020), orang yang masuk orang dalam risiko (ODR) ada 823 orang. Sebanyak 55 orang dalam status orang sakit dalam pemantauan (ODP).

“Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), per hari ini jumlahnya ada 6 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Senin siang.

Meski ada 6 orang yang berstatus PDP, Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini menyebut jika sebagian pasien tidak diisolasi di rumah sakit. Sebab ada sebagian yang kondisinya membaik, sehingga sudah bisa dilakukan rawat jalan di rumah.

“Jadi sekarang ini ada satu PDP yang masih diisolasi di rumah sakit. Sementara yang lainnya sudah rawat jalan karena kondisinya membaik,” katanya.

Meski merahasiakan identitas PDP, pihak Dinkes terbuka untuk memberikan sebaran PDP di Ponorogo. Sementara ini tercatat ada 4 kecamatan yang warganya berstatus PDP.

Terdiri dari Kecamatan Mlarak, Siman, Balong dan Sukorejo. Untuk yang status ODP belum menyentuh keseluruhan kecamatan, bahkan wilayah kecamatan yang jauh dari kota, angkanya masih nihil. Ambil contoh Kecamatan Pudak dan Sooko masih kosong ODO. Namun untuk status ODR, semua kecamatan di Ponorogo ada.

“Kami buka daerah-daerah mana saja yang sudah PDP maupun ODP, supaya masyarakat lebih sadar diri untuk berada di rumah saja. Karena persebaran virus Corona ini sangat cepat, kami harap warga mematuhi instruksi Presiden Jokowi untuk melakukan social distancing,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar