Pendidikan & Kesehatan

97 Mahasiswa UMM KKN di 6 Negara

Malang (beritajatim.com) – Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional. Ada 97 mahasiswa yang dikirim ke luar negeri.

Mereka bakal KKN selama enam minggu dan menjalankan program di tiga bidang. Yakni bidang lingkungan, pendidikan dan kesehatan. Enam negara yang menjadi tujuan KKN adalah Turki, Thailand, Malaysia, China, Kamboja & Taiwan.

Direktur DPPM, Prof. Dr. Yus Mochammad Cholily, M.Si, berharap KKN mahasiswa di luar negeri dapat menjadi manfaat bagi mahasiswa dalam pengembangan diri. Dia berharap misi mahasiswa sebagai agen perubahan dapat terwujud dengan program ini. 97 mahasiswa ini telah dilepas pada Kamis pekan lalu.

“Mahasiswa harus keluar negeri supaya bisa bersyukur memiliki Indonesia dan UMM. KKN di luar negeri juga memperluas wawasan,” kata Yus, Senin, (8/7/2019).

Yus juga berharap KKN di luar negeri menjadi proses evaluasi dan upaya perbandingan hal-hal yang dapat diterapkan di kampung halaman, Indonesia. Semisal tepat waktu, kebersihan, antre dan menepati janji.

“Jangan membawa hal-hal buruk dan tidak cocok dengan kita, misal pergaulan bebas. Jaga nama baik Indonesia dan kampus. Maka, segala perilaku adalah cermin mahasiswa Indonesia dan khususnya mahasiswa UMM,” tandas Yus.

Sementara itu pada penyelenggaraan KKN Reguler semester ganjil 2019/2020, UMM melepas 4835 mahasiswa. Selain ke luar negeri sejumlah mahasiswa ini juga melakukan KKN disejumlah daerah di Indonesia. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar