Pendidikan & Kesehatan

42 SMP Negeri di Jember Belum Siap UNBK Mandiri

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 546 lembaga sekolah menengah pertama dan sederajat, negeri maupun swasta, akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer tahun ini.

Namun tidak semua sekolah menengah pertama negeri yang mampu menyelenggarakan ujian mandiri. Dari 94 SMPN, 52 sekolah yang bisa menggelarnya mandiri. Sementara dari sembilan madrasah tsanawiyah negeri di Jember, semua bisa menggelarnya.

Dari 227 SMP swasta, 139 lembaga bisa melaksanakan mandiri. Sebanyak 132 dari 216 MTs swasta bisa melakukan ujian mandiri.

Lembaga yang tak bisa menyelenggarakan secara mandiri akan menggelar dengan jalan menggabungkan diri dengan sekolah lain dan menumpang. Dinas Pendidikan Jember mencatat, 30 SMP negeri, 69 SMP swasta, dan 78 MTs swasta menggabungkan diri. Sementara 12 SMP negeri, 19 SMP swasta, dan 6 MTs swasta menumpang.

Beberapa SMP negeri dan swasta yang mandiri antara lain SMPN 1, SMPN 6, SMPN 12, dan SMP Nurul Falah. Sekolah yang menggabungkan diri antara lain SMP Pelita Hati Nasional yang bergabung dengan SMPN 3 dan SMP Islam Darul Istiqomah yang bergabung dengan SMK Darul Jannah. SMPN 13 menumpang di SMAN 5.

“Kami pastikan untuk lembaga yang menggabung dan meminjam tempat (menumpang) akan dipantau khusus. Jangan sampai pas gilirannya sudah dekat (jadwal penyelenggaraan), tiba-tiba tidak jadi karena kurang ini atau kurang itu,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Jember Edi Budi Susilo. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar