Pendidikan & Kesehatan

41 SMP dan MTS di Kota Kediri Simulasi UNBK

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan Kota Kediri menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP sederajat. Tujuannya untuk melihat kesiapan sekolah maupun siswa dalam menghadapi UNBK.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri, Cevy Ning Suyudi mengatakan, simulasi dilakukan sebanyak tiga kali, dan kini baru pertama.

“Kemarin sudah kita lakukan simulasi selama 5 hari mulai dari 11 – 15 Desember. Untuk kedua nanti kita gelar lagi pada 28 Januari besok,” ucapnya, Senin (14/1/2019).

Disdik memastikan seluruh sekolah SMP dan MTS di Kota Kediri dapat menggelar UNBK tahun ajaran 2018/2019. Untuk SMP sebanyak 33 lembaga terdiri dari 25 SMP swasta dan 8 SMP Negeri, dan 8 MTS dengan sebanyak 6.663 siswa. Tahun ini merupakan tahun kedua untuk seluruh sekolah SMP dalam menggelar UNBK.

Simulasi yang digelar tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kata Cevy, perbedaan terdapat pada simulasi yang juga diikuti guru mata pelajaran (mapel).

“Kemarin kan guru mapel belum tahu bagaimana teknisnya, kalau sekarang setelah ikut simulasi jadi tahu cara mengerjakannya sehingga kedepan bisa meningkatkan nilai siswa,” imbuhnya.

Simulasi UNBK ini tujuannya untuk meningkatkan nilai siswa. Sehingga diketahui bagaimana kesiapan sekolah terkait sarana dan prasarana ujian jelang dimulainya UNBK. Dalam simulasi ini selain pembelajaran menjawab soal ujian juga melihat kesiapan kelengkapan komputer mulai dari server hingga listrik. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar