Pendidikan & Kesehatan

Sepanjang Tahun 2018

14 Puskesmas Dibangun dan Diperbaiki Dinkes Kabupaten Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada sebanyak 14 puskesmas di Kabupaten Mojokerto yang sudah dibangun dan diperbaiki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto selama tahun 2018 lalu. Selain itu juga, rehab enam puskesmas pembantu (pustu), instalasi farmasi Jabon dan gedung Palang Merah Indonesia (PMI).

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin mengatakan, pada tahun 2018 pihaknya telah membangun dan memperbaiki 14 puskesmas rawat inap. Antara lain Puskesmas Sooko, Puri, Pesanggrahan, Tawangsari, Pacet, Pungging, Manduro, Jetis, Gayaman, Dawarblandong, Kupang, Bangsal, Kemlagi dan Kutorejo.

Juga melakukan rehab instalasi farmasi Jabon, gedung PMI dan rehab 6 puskesmas pembantu (pustu) yakni Pustu Ngrowo dan Pustu Ngastemi Kecamatan Bangsal, Pustu Sekargadung Kecamatan Pungging, Pustu Padi Kecamatan Gondang, Pustu Sidoharjo Kecamatan Gedeg dan Pustu Kedunggempol Kecamatan Mojosari.

“Kami telah melakukan pembangunan dan rehab 14 puskesmas rawat inap, termasuk yang 3 unit hari ini kita resmikan secara simbolis untuk mewakili semua. Anggaran yang digunakan kurang lebih Rp25 miliar melalui APBD 2018. Kegiatan dilaksanakan sejak 2016 dan tuntas tahun 2020,” ungkapnya, Sabtu (30/3/2019).

Melalui peningkatan kualitas sarana prasarana kesehatan, lanjut Didik, diharapkan dapat membantu tercapainya Kecamatan Sehat menuju terwujudnya Indonesia Sehat. Dinkes sendiri sudah punya forum Kabupaten Sehat sehingga program selanjutnya untuk mewujudkan Kecamatan Sehat.

“Dimana masyarakat dapat menjangkau layanan kesehatan bermutu secara adil dan rata. Gedung UPT Puskesmas Puri, UPT Puskesmas Sooko, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) tiga lantai beserta gudang farmasi, Selasa kemarin juga baru diresmikan Wakil Bupati,” jelasnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar