Pendidikan & Kesehatan

105 Warga Kabupaten Kabupaten Mojokerto Terjangkit Hepatitis

Mojokerto (beritajatim.com) – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, tahun 2018 lalu jumlah warga yang terdeteksi hepatitis cukup tinggi. Ada sebanyak 358 warga dari 18 kecamatan.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Langir Kresna Janitra mengatakan, pada periode Januari-Juni 2019 ini, jumlah penderita hepatitis sudah menyentuh 105 orang.

“Tidak menutup kemungkinan angka tersebut masih bisa bertambah. Sehingga petugas dari Dinkes Kabupaten Mojokerto melakukan penelusuran untuk mencari pasien baru,” ungkapnya, Senin (8/7/2019).

Petugas menelusuri adanya warga yang terjangkit ke rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun RS swasta yang ada di Kabupaten Mojokerto. Maupun fasilitas kesehatan (faskes) lainnya seperti klinik rawat jalan yang ada di Kabupaten Mojokerto.

“Karena laporan data tersebut hanya terdeteksi dari jumlah bayi baru lahir dari ibu hamil yang terdiagnosis hepatitis. Itu diketahui setelah bumil (ibu hamil) melakukan pemeriksaan antenatal care (ANC) pada masa kehamilan sehingga kita juga akan cari ke seluruh RS,” katanya.

Wabah hepatitis A yang terjadi di wilayah Pacitan dan Trenggalek membuat daerah di sekitarnya waspada. Tak terkecuali dengan Dinkes Kabupaten Mojokerto. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar