Pendidikan & Kesehatan

10 Ribu Kursi SDN di Jember Masih Kosong

Jember (beritajatim.com) – Pagu penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah dasar negeri di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tak terpenuhi hingga batas akhir masa pendaftaran.

Jumlah SD negeri di Jember tercatat ada 908 sekolah dengan kapasitas awal 31.976 bangku siswa baru. Jumlah ini berkurang untuk mengakomodasi 367 siswa yang tak naik kelas, namun ada penambahan dari sisa kuota jalur mutasi orang tua yang hanya terserap 0,43 persen.

Informasi dari Dinas Pendidikan Jember, ada 10.129 bangku sekolah dasar negeri yang masih kosong. “Kami membuka PPDB tahap kedua, 25-27 Juni 2019,” kata Kepala Bidang SMP Dispendik Jember Erwan Salus Prijono, Rabu (26/6/2019).)

Sistem zonasi dalam PPDB SD sempat dikritik Nur Hasan, legislator DPRD Jember. “Ada dua zonasi berbeda. Kalau PPDB SMP, benar-benar menerapkan sistem jarak. Kalau SD, zonasinya adalah wilayah desa. Saya tinggal di Desa Purwoasri, semua anak saya dulu sekolah di SDN Menampu 03. Ternyata di zonasi SDN Menampu 03 bisa mengambil dari Desa Menampu dan Desa Karangrejo. Apabila tidak mencukupi pagunya, berhak mengambil zonasi 2 dan itu bukan desa zonasi saya. Padahal desa saya cuma berbatasan 600 meter. Zonasi 2 mengambil dari Desa Gumukmas dan Mojomulyo yang jaraknya begitu jauh,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar