Pendidikan & Kesehatan

10 Persen SD di Ponorogo, Bangunannya Alami Kerusakan

Ponorogo (beritajatim.com) – Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Ponorogo Imam Muslihin mengungkapkan sebanyak 10 persen atau 60 banguanan SD di bumi reyog yang mengalami kerusakan. Terdiri dari 34 SD yang mengalami kerusakan sedang dan 26 SD lainnya mengalami rusak berat.

”Jadi ada 60 dari 591 bangunan SD yang mengalami kerusakan, baik yang kategori rusak sedang maupun berat,” kata Imam, Jumat (8/11/2019).

Dia menjelaskan bahwa kerusakan sekolah satu dengan sekolah lainnya berbeda-beda. Ada yang rusak hanya satu ruangan kelas, bahkan bisa sampai empat ruang mengalami kerusakan. Untuk dilakukan perbaikan atau rehab, pihaknya mengusulkan melalui DAK atau DAU. Selain itu juga diusulkan dari anggaran yang lain misalnya APBN, lewat PUPR.

”Sampai saat ini hanya 7 SD yang sudah disurvey oleh kementrian PUPR untuk dilakukan perbaikan pada 2020,” katanya.

Pemeliharaan sekolah, kata Imam selama ini diserahkan oleh masing-masing sekolah. Namun untuk kerusakan berat, dapat diusulkan dari beberapa sumber pendanaan tadi.

”Jadi jika kerusakannya masih dibawah 30 persen, perbaikannya menjadi tanggungjawab sekolah. Dimana anggarannya bisa dari dana BOS atau dari komite sekolah juga bisa,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar