Olahraga

Ultah 67 Tahun, Persid Jember Terancam Perpecahan

Foto: istimewa (dok youtube)

Jember (beritajatim.com) – Tak ada perayaan besar-besaran menyambut 67 tahun klub sepak bola Persid Jember, Jawa Timur. Justru ancaman dualisme di depan mata.

Ketua Umum Suporter Berni Agus Rizki mengatakan, tahun ini Persid dalam kondisi memprihatinkan. “Jadi tahun ini rasanya tidak pada tempatnya jika Berni merayakan ultah Persid dengan kegembiraan seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya, Selasa (21/5/2019).

Agus menyoroti ketidakjelasan struktur kepemilikan klub yang saat ini dipegang Yayasan Persid Jember yang diketuai Sunardi. Berni mendesak Yayasan mengembalikan Persid kepada Pemkab Jember. “Sejatinya Pemkab belum pernah menghibahkan hak kepemilikan Persid kepada orang per orang atau pun kepada Yayasan. Yang ada adalah hak pengelolaan,” kata Agus.

“Jika pihak Yayasan dalam batas waktu yang ditentukan oleh Berni tidak menanggapi desakan ini, maka kesepakatan semua koordinator wilayah sudah bulat untuk tidak mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh Persid,” kata Agus.

Agus mempertanyakan klaim kepemilikan Persid oleh Yayasan Persid Jember. “Kalau hanya dengan secarik kertas di notaris sudah bisa menyatakan diri sebagai pemilik Persidn maka Berni juga akan melakukan itu. Bahkan bukan tidak mungkin akan ada lagi pihak-pihak lain yang akan melakukan hal yg sama,” katanya.

Berni akan mengusulkan atau meminta izin kepada Pemkab Jember untuk membentuk Persid juga, sehingga terjadi dualisme. “Jika terjadi dualisme tentunya mereka paham , apa yg akan terjadi. Pemkab tidak akan pernah memberi bantuan pembinaan kepada Persid sebagai klub amatir dalam bentuk apapun selama ada dualisme Persid,” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Yayasan Persid Jember Sunardi menganggap tuntutan itu adalah tuntutan masa lalu. “Pemkab tidak akan bisa menerima karena paham dengan aturan. Belajarlah,” katanya.

Sunardi mempersilakan Berni untuk tidak mendukung Persid lagi. “Mau mendukung atau tidak hak mereka. Apabila suporter tidak dukung, tidak salah saya membuat suporter baru untuk mendukung Persid Jember,” katanya.

Sunardi sendiri berharap klub berjuluk Macan Raung itu mendapat perhatian pemerintah. “Alhamdulillah, skuat Persid untuk menghadapi kompetisi musim ini sudah terbentuk. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk launching,” katanya.

“Semoga pemerintah mau bantu danai Persid baik tim U23 maupun U17 untuk kemajuan sepak bola Jember yang sudah siap berlaga di Liga 3,” tambah calon legislator dari Partai Gerindra ini. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar