Olahraga

Tes Fisik Jadi Menu Utama Timnas U-19

Cikarang (beritajatim.com) – Pemusatan latihan tahap akhir Tim Nasional Indonesia U-19 diawali dengan tes fisik. Pelatih kepala tim, Fakhri Husaini dan staf pelatih melakukannya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (1/7/2019).

“Ya, hari ini memang hanya pagi saja, tes fisik, aerobic, serta endurance. Kemudian ada speed dan agility. Kami bekerja sama dengan temen-temen dari UNJ karena mereka punya perangkatnya dan timnya,” kata Fakhri dikutip dari laman resmi PSSI.

Fakhri menilai, para pemainnya cukup baik dalam menjaga kebugaran fisik. Dirinya melihat fisik pemainnya bisa terus meningkat. “Saya belum dapat hasil yang sesungguhnya, tapi dari beberapa monitor saya di beberapa tes, mereka cukup baik dan mereka bisa menyelesaikan tes ini dengan sangat baik,” ucapnya.

Mengenai pemain yang dipanggil, Fakhri berucap: “Saya memang perlu panggil 33 pemain. Ini normal agar ada kompetisi antar mereka, meskipun nanti akan ada memilih 23, sesuai dengan aturan turnamen AFF. Artinya, 33 ini harus bersaing untuk dapat tempat di 23 pemain,” tegasnya.

Mantan pelatih timnas U-16 itu menyebut, TC kali ini ‘rasa seleksi’. Bahkan bukan tidak mungkin dirinya memanggil pemain baru. “TC kali ini bisa dibilang rasa seleksi, tapi di TC itu pun ada pemain yang biasanya pelatih tidak memanggil pemain karena sesuai dengan kuota,” tuturnya.

Diakhir, Fakhri berharap pemusatan latihan ini bisa diselesaikan oleh pemain dengan baik. “Terpenting semua pemain tidak ada yang tak melaksanakan item-item tes ini. Semua ikut menyelesaikan dengan baik dan tidak ada yang gagal di tengah jalan,” tutupnya.

Pemusatan latihan tahap akhir ini sebagai persiapan menjelang Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam, 4 sampai 18 Agustus 2019. Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim ini untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar