Olahraga

Telan Anggaran Rp 11,9 M, Lampu Stadion Tuban Lebihi Standar Nasional

Tuban (beritajatim.com) – Guna menunjang keberadaan Stadion Bumi Wali Tuban yang berada di kompleks Tuban Sport Center (TSC) Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Pemerintah Kabupaten Tuban telah memasang lampu stadion dan ditarget selesai hari ini, Minggu (29/12/2019).

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Tuban melalui angaran PAPBD 2019 ini mengucurkan anggaran sebesar Rp 11,9 miliar yang sebagaian besar untuk lampu lapangan dan juga PJU sekitar stadion. Adapun lampu stadion itu kapasitasnya melebihi standar pertandingan Liga 1 dan sudah mendekati standar dari FIFA.

Data yang dihimpun beritajatim.com, dengan anggaran Rp 11,9 miliar itu, Pemkan Tuban telah mampu memasang lampu penerangan pertandingan di malam hari dengan kemampuan 1.060 Lux. Sedangkan untuk standar nasional dalam pertandingan Liga 1, stadion harus mempunyai penerangan lapangan sebesar 800 Lux.

“Meski saat ini belum sampai 1200 Lux sesuai standar internasional, tapi pencahayaan lampu Stadion Bumi Wali Tuban ini sudah jauh diatas standarisasi nasional. Dengan penerangan 1060 Lux ya bisa dikatakan juga mendekati Standart Internasional,” terang Zainal Maftuhien, Kabid Olahraga Disparbudpora Kabupaten Tuban.

Dia menjelaskan, bahwa untuk lampu yang di pasang di stadion tersebut didatangkan dari Jerman dengan jumlah sebanyak 152 lampu dan ditargetkan semua selesai pada hari ini. Yang mana lampu untuk penerangan lapangan itu di pasangan pada empat titik penjuru dengan tiang setinggi 45 meter.

“Seharusnya kebutuhan semua lampu itu kalau sesuai standar internasional sebanyak 180 lampu. Namun untuk tahun ini, Pemkab Tuban baru bisa memenuhi sebanyak 152 itu,” tambahnya.

Selain untuk pemasangan lampu lapangan, dengan anggaran itu juga telah dilakukan pemasangan lampu jalan sekitar stadion dengan jumlah 36 titik. Keberadaan PJU yang pasang pada tahun 2019 ini merupakan penyempurnaan dari penerangan sebelumnya.

“Pada tahun ini, selain pemasangan lampu juga kita lakukan pemasangan paving dan juga pintu jendela stadion, anggarannya untuk itu Rp 3,8 miliar. Saat ini pengerjaan sudah tinggal finishing semua,” pungkasnya. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar