Olahraga

PT PBMB Berencana Jadikan Gelora Madura Berstandar AFC

Direktur PT PBMB, Zia Ul Haq Abdurrahim (baju merah) saat menandatangani MoU Pengelolaan Stadion Gelora Madura Rato Pemelingan, bersama Bupati Pamekasan, Badrut Tamam. Disaksikan Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi dan Wakil Bupati Pamekasan, Raja'e.

Pamekasan (beritajatim.com) – Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Zia Ul Haq Abdurrahim berencana menjadikan Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan sebagai stadion berstandar internasional.

Hal itu disampaikan pasca pihaknya dipercaya oleh Pemkab Pamekasan, sebagai pengelola stadion yang terletak di Desa Ceguk, Tlanakan. Dibuktikan melalui kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) untuk lima tahun kedepan, Sabtu (6/4/2019) lalu.

Kesepakatan tersebut sekaligus menjadi yang kedua dari jumlah stadion milik pemkab di Indonesia, yang dipercayakan pengelolaan sepenuhnya kepada klub. Sebab sebelumnya kerjasama serupa dilakukan Pemda Gianyar bersama Bali United FC soal pengelolaan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

“Pertama, kami akan jadikan stadion (Gelora Madura) ini berstandar AFC. Dan banyak poin-poin penting yang akan kami lakukan kedepan, apalagi kerjasama ini juga akan dievaluasi setiap tahun,” kata Direktur PT PBMB, Zia Ul Haq Abdurrahim, Minggu (14/4/2019).

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab skuad berjuluk Laskar Sape Kerrab memiliki ambisi di kompetisi Liga 1 musim 2019 untuk lolos ke level internasional. “Musim depan Madura United akan bertarung maksimal, sebab kami punya harapan besar menjadi salah satu tim yang masuk ke AFC atau Champions Asia,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menambah sejumlah fasilitas di kompleks Gelora Madura. Di antaranya perubahan papan skor hingga fasilitas untuk para penyandang disabilitas sebagaimana regulasi stadion berskala internasional.

“Tapi yang pasti kami tidak akan mengubah bentuk stadion, kecuali ada beberapa fasilitas yang seharusnya dirubah. Mungkin kita punya waktu dalam satu tahun kedepan dan pernak-pernik stadion sudah pasti kita perbaiki,” jelasnya.

Hal tersebut direncanakan sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan, baik bagi para pamain maupun suporter Madura Bersatu. “Prinsipnya kami melengkapi stadion ini sebagai upaya agar semua pihak merasa nyaman, baik bagi pemain maupun suporter,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengelolaan oleh PT PBMB tersebut hanya fokus di kompleks Gelora Madura Rato Pamelingan. Sementara untuk area di luar stadion tetap menjadi kewenangan Pemkab Pamekasan. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar