Olahraga

PSSI Lepas 18 Pemain Garuda Select Latihan ke Inggris dan Italia

Jakarta (beritajatim.com) – PSSI secara resmi telah melepas 18 pemain yang tergabung dalam Garuda Select, untuk berangkat menuju Inggris dan Italia. Rencananya, mereka akan bertolak ke Inggris pada Rabu, 9 Oktober 2019 hingga nanti 23 April 2020.

Pada Selasa (8/10/2019), mereka berkumpul bersama Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, di Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan. PSSI menggandeng SuperSoccerTV dan Mola TV juga merencanakan mereka untuk bertanding melawan klub besar seperti Manchester City, Inter Milan, dan AC Milan.

Selama pelatihan di sana, nantinya para pemain kembali dilatih oleh Dennis Wise sebagai Direktur Program dan Des Walker sebagai Pelatih. Program Garuda Select merupakan kerjasama jangka panjang yang dilakukan oleh PSSI, SuperSoccer TV, dan Mola TV. Kegiatan tim Garuda Select akan ditayangkan di Mola TV dan Free-to-Air (FTA) serta SuperSoccer TV melalui program pertandingan langsung (Live Match) dan dokumenter.

Pada angkatan pertama, Garuda Select berhasil mendapatkan respon baik sekaligus diminati oleh pemirsa melalui angka hasil streaming yang luar biasa, siaran langsung pertandingan yang mencapai angak 4,7 juta penonton ataupun liputan dokumenter mingguannya yang mencapai jumlah angka 70 juta penonton.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menyatakan program Garuda Select merupakan bagian akselerasi pengembangan usia muda yang diadakan sebagai langkah untuk mengantarkan Indonesia menuju Olimpiade 2024 dan lolos Piala Dunia 2030.

“PSSI secara khusus berterima kasih atas dukungan dan kerja sama dengan Mola TV terhadap Garuda Select. Kami berharap program ini dapat mengembangkan kualitas dan pribadi pemain-pemain muda berbakat Indonesia,” tutur Tisha dikutip dari laman resmi PSSI.

Salah satu pemain asal Cianjur, Kakang mengungkapkan perasaan kebahagiaan setelah dirinya terpilih menjadi salah satu pemain dalam Garuda Select. “Bahagia ada, sedih ada, karena itu tidak ada dalam mimpi saya,” katanya.

Selama pelatihan di Inggris dan Italia, Kakang memiliki target untuk lebih mandiri dan terus meningkatkan diri selama pelatihan disana. “Saya ingin lebih mandiri, ingin rajin beribadah, dan ber-progress dalam latihan, terutama saya ingin masuk tim Manchester City,” ujarnya.

Garuda Select merupakan bagian dari Program Elite Pro Academy (EPA) klub Liga 1 U-16 dan U-18 yang dilaksanakan oleh PSSI. Oleh karena itu, setiap tahunnya akan ada 24 pemain terpilih dari hasil kompetisi EPA U16 dan U18 untuk mendapatkan beasiswa Garuda Select serta kursus kepelatihan FA Level 1 Coaching Badge.

Sehingga pada akhir tahun 2024, diharapkan akan ada 250 pemain terbaik Indonesia yang sudah mendapat pelatihan kelas dunia. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar