Olahraga

PS Tira Bikin Bonek Galau

Aksi Bonek mendukung Persebaya (foto koleksi pribadi Husin)

Surabaya (beritajatim.com) – Persebaya akan menghadapi pemuncak klasemen Liga 1 PS Tira Kabo, di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (21/7/2019) malam.

Dalam sejarah, selama 2018 dan 2019, Persebaya dan PS Tira pernah lima kali bertemu di semua ajang. Dua kali pertandingab dimenangkan Persebaya, dua kali imbang, dan sekali dimenangkan PS Tira. Persebaya mencetak 8 gol dan PS Tira mencetak 5 gol.

Sejarah memang berpihak pada Persebaya. Persebaya belum pernah kalah di Gelora Bung Tomo selama Liga 1 2019. Mereka memetik dua kemenangan dan tiga hasil seri dengan agregat gol 11-6. Tim Bajul Ijo terakhir kalah di Gelora Bung Tomo pada 13 Oktober 2018, dari Borneo dengan skor 0-1 dalam Liga 1.

Namun PS Tira hari ini adalah pemuncak klasemen dengan 9 pertandingan, 5 kemenangan, 4 hasil seri, nilai 19. Agregat gol: 19-10.

PS Tira adalah satu-satunya tim yang belum tersentuh kekalahan dalam Liga 1 2019, dengan catatan laga tandang dua kemenangan dan dua hasil imbang, agregat gol 7-4.

Sementara Persebaya menduduki peringkat 8 dari 18 tim Liga 1 dengan 9 pertandingan, 3 kemenangan, 3 hasil seri, 3 kekalahan dengan nilai 12. Agregat gol: 16-13.

Beratnya lawan yang dihadapi Persebaya, membuat prediksi Bonek terbelah. Mereka memang ingin Persebaya menang. Namun sebagian mencoba realistis.

“Persebaya insya Allah menang 2-0 sebagai bagian dari tribut untuk pejuang yang berpulang yakni Cak Joner. Pencetak gol Jalilov dan Amido Balde,” kata Kintoko Aji, Bonek asal Madiun.

Optimisme juga dilontarkan Dhion Prasetya alias StatsDhion, Conk Husin Ghozali dari Green Nord, dan Rifi Haju, Bonek yang juga pernah menjadi finalis kontes Cak Surabaya. Mereka menjagokan Persebaya menang 2-1.

“Menang Persebaya. Perbaikan lini tengah dan bermain di kandang sendiri adalah keuntungan tersendiri,” kata Dhion.

Namun Bonek lainnya meramalkan hasil imbang 1-1 sudah cukup bagus. “PS Tira sedang dalam mental yang bagus dan performanya sangat baik. Belum terkalahkan sama sekali. Sementara persebaya dalam performa sebaliknya, tiga pertandingan tidak pernah menang,” kata Kukuh Ismoyo yang dikenal sebagai Paido Boys.

Kukuh memperkirakan bermain di kandang sendiri justru akan membuat penampilan Persebaya antiklimaks. “Pemain Persebaya grogi dan demam panggung. Sekadar tidak kalah, nampaknya adalah hasil yang realistis,” katanya.

Anom Hafit Nurcahyo Putro, salah satu Bonek di Jogja, tak yakin. Ia memprediksi Persebaya kalah 1-2. “Alasannya karena dari segi permainan dan kualitas pemain Persebaya kalah,” katanya.

“Aduh aku gak yakin menang iki. Skor 2-3. Dari sisi permainan dan fisik harus diakui persebaya masih kalah sama Tira. Tira jauh lebih stabil, meskipun bertanding di hadapan ribuan suporter tuan rumah. Ini sudah teruji pas lawan Persija kemarin,” kata Dianita Iuschinta, salah satu Bonek wanita anggota Bonek Writer Forum. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar