Olahraga

Piala AFF U-18, Fakhri Sudah Kantongi Kekuatan Malaysia

Ho Chi Min (beritajatim.com) – Jelang laga melawan Malaysia, Fakhri sudah mengantongi kekuatan lawan. “Kami sudah melihat pertandingan Malaysia saat lawan Australia secara langsung. Kami pun telah mengevaluasi mereka dari rekaman ulang. Kami telah memiliki catatan kelebihan dan kelemahan tim Malaysia,” tutur Fakhri.

Dia menyebut Malaysia sebagai salah satu tim yang memiliki organisasi permainan yang rapih dan unggul dari beberapa tim yang lain. “Malaysia bermain sangat kompak. Pertahanan mereka cukup terorganisir dan menyerangnya pun rapih, secara fisik posturnya pun bagus-bagus,” katanya.

“Begitu juga Australia. Dasar sepak bolanya itu mereka sudah terasah. Youth development mereka bagus. Kesalahan dasar tidak ada,” lanjutnya, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (16/8/2019).

Australia yang ditakutkan lawannya lain di Grup B, nyatanya bisa dikalahkan oleh Malaysia. “Australia ditakutkan oleh lawan dari grupnya dan grup lain di ajang ini karena nama besar mereka. Sempat mengalahkan Vietnam 4-1, tapi nyatanya mereka dapat kalah dari Malaysia,” katanya.

“Kelemahan Australia adalah kesulitan menghadapi serangan balik Malaysia dan kecepatan jarak pendek,” ucapnya lagi.

Melihat kondisi tersebut, Fakhri semakin optimistis tak ada yang superior dalam level kelompok umur. “Tak ada tim yang mendominasi dalam kelompok umur. Saya sudah tak berfikir akan melawan tim mana di Semi final ataupun Final nanti,” ungkapnya.

Meski begitu, Fakhri tetap mengingatkan agar anak didiknya tak berlebihan dalam menyikapi duel itu. Dia berharap pemainnya tetap dalam motivasi yang terkontrol.

“Semangat yang berlebihan harus tetap dalam kontrol dan kendali mereka. Tentu saya akan mengingatkan kembali ke seluruh pemain agar pemain bisa mengelola emosi dan semangatnya. Jangan sampai semangat berlebihan membuat tak terkontrol,” tutupnya.

Tim Nasional Indonesia U-18 akan menjalani laga melawan Malaysia dalam babak semifinal Piala AFF U-18 yang di gelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2019 di Stadion Go Dau, Binh Duong, Vietnam, pukul 16.00 waktu setempat. Garuda Nusantara pun termotivasi untuk memberikan kemenangan sebagai hadiah di hari itu. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar