Olahraga

Liga 3

Persid Jember Hajar Persebo Muda 5-1

Jember (beritajatim.com) – Tuan rumah Persid menang telak atas Persebo Muda Bondowoso, dalam lanjutan kompetisi sepakbola Liga 3 Zona Jawa Timur Grup E, di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jumat (9/8/2019).

Anak-anak asuhan Achmad Jainuri itu menghancurkan klub tetangga mereka 5-1. Dua gol dicetak Mohammad Akmal pada menit 61 dan 85. Tiga gol Persid lainnya dibukukan oleh Bayu Mahardika pada menit 3, Iwan Sampurno pada menit 50, dan Moh. Badri pada menit 78.

Satu-satunya gol balasan Persebo dicetak gelandang Hasan Basri pada menit 81 melalui titik putih penalti. Basri masuk pada babak kedua menggantikan pemain belakang Joni Iskansdar.

Pertandingan yang dipimpin wasit Heru Santoso itu lebih banyak didominasi Persid. Jainuri menerapkan formasi 4-3-3 dengan memasang trisula di barisan depan: Mohammad Dedi Pranata di kanan, Muhammad Ivan Akbar di tengah, dan Bayu Mahardika di kiri.

Persid bermain dengan umpan kaki ke kaki cepat dan sering mengandalkan pergerakan sayap. Sementara Persebo lebih banyak mengandalkan serangan balik. Namun serangan balik itu senantiasa kandas mendekati kotak penalti lawan karena kuatnya ‘pressing’ anak-anak Persid. Penyerang Moh Noval Fahrezi tak bisa berbuat banyak.

Babak pertama, pemain Persid menciptakan banyak peluang. Gol pertama berawal dari serangam sayap kiri.

Namun kendati dominan, klub berjuluk Macan Raung itu hanya mencetak satu gol pada babak pertama melalui Bayu Mahardika.

Sejumlah peluang gagal dimanfaatkan penyerang Muhammad Ivan Akbar yang tampil kurang tenang. Ahmad Abdurrohman mengirimkan umpan silang manis ke depan gawang. Kiper Persebo Muhammad Iwanto mencoba menepis bola namun gagal. Bola disambar kepala Ivan. Melenceng.

Persid seharusnya mencetak gol kedua. Bola tendangan Dedi Pranata berhasil ditepis Iwanto. Namun bola masuk ke gawang. Tangan Iwanto memang berhasil menjangkaunya. Namun bola berada di area abu-abu: apakah sudah melewati garis gawang atau tidak.

Wasit Heru Santoso tidak mengabsahkannya karena melihat asisten wasit tak bereaksi. Tidak ada teknologi garis gawang yang memecahkan masalah seperti di Liga Inggris.

Jelang berakhirnya babak pertama, Jainuri mengganti Ivan dengan Mohammad Akmal. Masuknya Akmal ini membuat daya gempur Persid lebih tajam pada babak kedua.

Hanya butuh waktu lima menit setelah wasit meniup peluit kick off babak kedua, Iwan Sampurno mencetak gol dengan memanfaatkan bola hasil tendangan pojok Ari Wijayanto dari sisi kanan pertahanan Persebo. Gol itu memanfaatkan kesalahan Iwanto yang gagal mengantisipasi bola udara.

Gol ketiga Persid pada menit 61 juga berawal dari kesalahan pemain belakang Persebo, Febriyanto Karyadi. Bola umpan lambung dari gelandang Persid Dwika Bhaskara sebenarnya sudah berhasil diantisipasinya. Namun antisipasi yang tak sempurna membuat bola jatuh di kaki Akmal. Tak membuang waktu, ia langsung menembakkan bola dalam jarak dekat ke dalam gawang.

Unggul 3-0, pemain-pemain Persid semakin trengginas. Namun lagi-lagi peluang terbuang karena kurang tenangnya serangan.

Menit 69, Jainuri menarik pemain belakang Ari Wijayanto dan menambah serangan dengan memasukkan pemain depan Moh Badri. Taktik ini berhasil. Delapan menit kemudian Badri mencetak gol keempat. Memanfaatkan assist Bayu Mahardika, bola ditempatkan dengan manis oleh Badri di pojok kiri gawang Persebo.

Persid gagal mencetak hasil clean sheet, setelah pemain Persebo Muhammad Abdul Muis ditabrak di dalam kotak penalti oleh Fiko Setyohadi Prayogo. Pemain belakang Persid panik, saat sayap kiri Persebo Farid Harja berhasil lolos dari jebakan offside dan mengirimkan bola lambung ke kotak penalti. Situasi kemelut ini berujung pelanggaran. Hasan Basri berhasil menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor penalti pada menit 81.

Menit 85, Akmal kembali menunjukkan kelasnya. Dia menggocek bola masuk ke kotak penalti Persebo dan melepaskan tembakan. Bola ditepis Ikwanto, namun bola memantul kembali ke Akmal yang kali ini tidak membuang peluang.

Kemenangan ini membuat Persid menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup E. Sementara Persebo di posisi juru kunci. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar