Olahraga

Persid Jember Belum Digaji Sejak Juni

Jember (beritajatim.com) – Pelatih dan pemain Persid Jember yang berkompetisi di Liga 3 belum menerima gaji sejak Juni 2019. Dana dari Perubahan APBD Kabupaten Jember belum terealisasi.

Hal ini dikemukakan Ketua Yayasan Persid Jember Sunardi, Rabu (18/9/2019). “Mereka seharusnya digaji mulai Juni 2019,” katanya. Kendati sudah bekerja sejak proses seleksi pemain pada Maret 2019, pelatih Persid Achmad Jainuri baru resmi digaji sejak tim terbentuk pada Juni.

Sunardi tidak tahu apa yang menyebabkan dana dari APBD Jember belum terealisasi. “Memang sampai hari ini kok belum ada berita dari pemerintah daerah. Permintaan saya, karena gajinya tak terlalu besar, hanya standar, usulan kami masuk dalam biaya (belanja) langsung (Dinas Pemuda dan Olahraga), bukan hibah yang masuk ke pemain dan pelatih. Kalau untuk personel manajemen kami memang tidak mengusulkan,” katanya.

Sunardi mengajukan anggaran Rp 530 juta kepada Pemerintah Kabupaten Jember. Sebanyak Rp 93 juta di antaranya untuk tim Persid U17 yang berlaga dalam Piala Suratin. “Gajinya tidak ada yang besar. Hanya standar Jember, dan mereka bangga membesarkan Persid Jember. Jadi tidak terlalu menuntut. Yang penting apa yang ditandatangani secepatnya terealisasi,” kata legislator DPRD Jember ini.

Menurut Sunardi, gaji termurah pemain Persid yang berlaga di Liga 3 adalah Rp 1 juta dan termahal pada kisaran Rp 3,5 – 4 juta. Gaji termahal ini diperuntukkan tiga pemain senior. “Sementara untuk pemain yunior, kami ajukan ganti bensin Rp 400-500 ribu per orang selama tiga bulan, karena Persid U17 kan tidak lama (berkompetisi),” katanya.

Bagaimana dengan gaji pelatih Persid di Liga 3? “Ya sekitar Rp 3 jutaan. Itu pun kami gunakan sampai Desember, jadi enam bulan. Kalau tim yunior tiga bulan,” kata Sunardi.

Menunggu anggaran dari Pemkab Jember cair, Sunardi berupaya pemain dan pelatih tetap yakin bahwa gaji akan turun. “Kami juga memberi pinjaman kepada mereka untuk pegangan, untuk beli bensin setiap latihan. Itu saja,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar