Olahraga

Penghapusan Rekaman Video Jurnalis, Ini Kata Kapolrestabes

Kepala Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya (Kapolrestabes) Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Rudi Setiawan

Surabaya (beritajatim.com) – Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan angat bicara terkait kasus rekamana video kericuhan yang terjadi di luar Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (9/4/2019) lalu oleh reporter Suarasurabaya bernama Anggi Widya.

Didepan awak media, Rudi merasa prihatian atas kejadian yang terjadi, pasalnya dirinya baru mengetahui beberapa saat lalu. Ia meluruskan hal ini dengan berkoordinasi dengan pihak perusahaan media yang terletak di kawasan Wonokitri, Surabaya ini.

Ia menjelaskan jika kedua belah pihak harus ada edukasi yang baik baik dari pihak keamanan dan pihak jurnalis saat bertugas.

“Harusnya kita sama-sama memahami mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan, dan mengharga kondisi dilapangan karena sejatinya beda antara bekerja di kantor dan di lapangan saya meminta saling memahami dan diterima semua pihak,” ucap Rudi Setiawan, Kamis (11/4/2019).

Sebelumnya intimidasi terjadi dilakukan oknum polisi dengan memaksa wartawan agar menghapus file video dan foto liputan, ternyata tidak hanya menimpa Fajar Mujianto, Wartawan Suara Surabaya Media, Anggi Widya Permani juga mendapat perlakuan serupa.

Anggi saat itu mendapat tugas kantor untuk meliput Leg Pertama Laga Final Piala Presiden 2019 antara Persebaya dan Arema FC yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (9/4/2019).

Anggi menceritakan, saat merekam penertiban tersebut, salah satu oknum polisi yang tidak diketahui namanya berteriak meminta Anggi untuk tidak merekam kejadian saat itu.

“Mbak, mbak nggak boleh. Nggak boleh ngerekam, ayo dihapus,” kata Anggi menirukan perkataan oknum polisi itu.

Anggi pun berhenti melakukan perekaman dan menjelaskan kepada oknum polisi itu. Meski telah menjelaskan kalau dia adalah jurnalis dan menunjukkan kartu pers, oknum polisi tersebut masih memaksa merampas handphone Anggi.[way/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar