Olahraga

Nilai Semangat dari Kayangan Api untuk Para Atlet Porprov

Bojonegoro (beritajatim.com) – Upacara selamatan menjadi pembuka dalam upacara pengambilan api abadi di Kayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Api abadi tersebut akan digunakan sebagai pembuka dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur VI 2019 (Porprov Jatim).

Prosesi selamatan dilakukan kemarin malam. Hal itu sebagai bentuk penghormatan nilai luhur yang terkandung dalam tradisi masyarakat yang sudah turun temurun sejak dulu. Selain itu juga bentuk persembahan syukur atas kekayaan dan potensi yang diberikan Tuhan. Selanjutnya dilakukan pengambilan api abadi, Senin (1/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Pengambilan api abadi dilakukan oleh juru kunci Kayangan Api Mbah Juli dari sumber api yang berasal dari tumpukan batu. Sebelum pengambilan api, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah beserta jajaran melakukan prosesi potong tumpeng dan melakukan upacara penghormatan di petilasan Mpu Kriyo Kusumo.

Setelah api diambil oleh Mbah Juli dari sumber api, kemudian secara estafet obor api diserahkan kepada Ketua Porprov Jatim, M Nabil. Kemudian diberikan kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan diserahkan kepada salah seorang atlet panahan, Ika Yuliana untuk di kirab keliling Bojonegoro.

M Nabil mengatakan, desain acara dalam Porprov Jatim VI kali ini diharapkan menjadi ajang prestasi di bidang olahraga, mengakomodir anak muda untuk aktif dalam kegiatan yang positif, serta dalam konteks lain seperti komersialisasi spot yang berdampak pengembangan ekonomi mikro dari peristiwa olahraga.

“Apalagi Gubernur Jatim, Bu Khofifah sudah meresmikan logo, maskot, atribut dan hal-hal yang lain yang bisa berdampak ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan, dalam pengambilan Api Porprov di Kayangan Api ini menurutnya, memiliki nilai sebagai bentuk transformasi yang dalam bahwa diharapkan para atlet Porprov memiliki semangat yang berkobar dan tak pernah padam. “Selain itu semakin tahu bahwa Jawa Timur, khususnya Bojonegoro memiliki khasanah luhur yang harus di ekspos kepada masyarakat,” terangnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan dalam menyambut Porprov Jatim ini pihaknya sudah menyiapkan beberapa venue dan fasilitas umum serta volunteer untuk menyambut atlet dan wisatawan dari luar daerah. “Diharapkan dengan banyak kesiapan yang sudah kita sediakan bisa melayani para atlet, pelatihan dan wisatawan dengan baik,” jelasnya.

Sementara dari 46 cabang olahraga, Kabupaten Bojonegoro mengikuti 27 cabang olahraga. Dari 27 cabang olahraga ini diantaranya yang menjadi andalan adalah cabang olahraga panahan. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar