Olahraga

Menang 4-1 atas Porto, Liverpool ke Semifinal

Porto (beritajatim.com) – Liverpool berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1 di kandang FC Porto, pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions Eropa, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut memastikan Liverpool melangkah ke babak semifinal dengan unggul agregat gol 6-1. Pada leg pertama di Merseyside pekan lalu, Liverpool menang dengan skor 2-0.

Jalannya pertandingan leg kedua
Bertanding di Dragao Stadium, Porto tampil menekan sejak menit awal babak pertama. Menit ke-3 Moussa Marega melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti, namun bolanya masih melambung tipis di atas gawang Alisson.

Hingga menit ke-15 Porto terus mengurung pertahanan Liverpool. Tetapi peluang yang didapatkan Moussa Marega dan Danilo Pereira belum ada yang membuahkan gol. Sedangkan Liverpool hingga menit ke-20 masih membaca permainan Porto dan belum agresif menyerang. Sementara tim tuan rumah telah mencatatkan sembilan kali tembakan.

Menit ke-26 pendukung Porto terdiam, setelah Liverpool mampu mencetak gol terlebih dahulu. Umpan silang yang dilepaskan Mohamed salah mampu dituntaskan dengan baik oleh Sadio Mane. Skor 0-1. Lima menit mejelang babak pertama usai, Porto mendapatkan peluang mencetak gol. Namun sepakan Jesus Corona masih terlalu pelan, dan mudah diamankan oleh Alisson. Skor 0-1 bertahan hingga jeda.

Babak kedua Porto masih memegang kendali pertandingan. Hingga menit ke-60 tercatat mereka menguasai bola hingga 60 persen berbanding 40 persen dengan Liverpool. Alih-alih menyamakan kedudukan, Porto malah kembali kebobolan. Menit ke-65 Mohamed Salah mencatatkan namanya di papan skor, setelah menuntas umpan terobosan Trent Alexander-Arnold menjadi gol. Skor 0-2.

Empat menit kemudian Porto akhirnya mampu mencetak gol. Umpan jarak jauh yang dikirimkan Alex Telles ke dalam kotak penalti Liverpool, mampu disundul masuk ke dalam gawang oleh Eder Militao. Skor 1-2.

Menit ke-73 Liverpool hampir memperlebar keunggulan mereka. Sayang Sadio Mane gagal memaksimalkan peluang yang ia dapatkan untuk memasukan bola ke dalam gawang yang kosong. Berhasil mengecoh kiper Porto, Casillas, namun sepakan Mane masih melambung.

Meski demikian Liverpool tetap berhasil memperjauh keunggulan mereka menjadi 1-3, lewat gol yang dicetak Roberto Firmino di menit ke-77. Sundulan Firmino menuntaskan umpan Jordan Henderson berhasil membobol gawang Porto.

Enam menit menjelang babak kedua usai, harapan Porto untuk menyamakan kedudukan semakin tipis setelah Virgil Van Dijk mencetak gol keempat untuk Liverpool. Memanfaatkan umpan dari Sadio Mane, Van Dijk berhasil mengoyak gawang Casillas. Skor 1-4.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang akhir pertandingan tidak ada lagi peluang berbahaya atau gol yang tercipta. Skor 1-4 bertahan hingga laga usai dan kemenangan untuk Liverpool. [inilah.com]

Susunan pemain:

FC Porto (3-4-3): Iker Casillas; Felipe, Pepe, Eder Militao; Jesus Manuel Corona, Hector Herrera, Danilo Pereira, Alex Telles; Yacine Brahimi, Moussa Marega, Otavio.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi, Sadio Mane.

Apa Reaksi Anda?

Komentar