Olahraga

Lewat Gerakan Sosial, Ini yang Diinginkan Bonek Unair

Surabaya (beritajatim.com) – Bonek perlahan mengubah citranya semakin membaik. Banyak gerakan sosial yang sudah dilakukan oleh suporter militan klub Persebaya Surabaya ini. Airlangga Bonek (Airbone) salah satunya. Komunitas ini menegaskan akan selalu terlibat dalam gerakan sosial apapun itu.

Sebagai mantan Ketua Airbone, Iqbal Fauzan menyatakan bahwa beberapa kali Airbone sudah melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam seperti peristiwa gempa Lombok dan Palu Donggala, bakti sosial dari bonek untuk bonek, hingga donasi untuk almarhum Miko, suporter persebaya yang meninggal.

“Beberapa kali, Airbone juga bekerjasama dengan ACT dan lembaga kemanusian lain. Airbone bisa dikatakan bukan komunitas besar, namun ingin selalu berpartisipasi dalam setiap gerakan sosial,” ungkap Iqbal.

“Sederhananya, kami ingin merubah mindset Bonek yang selama ini negatif melalui gerakan sosial. Mindset mahasiswa terhadap bonek harus lebih positif,” ungkap Iqbal setelah acara Welcoming Party dan Buka Puasa Bersama dengan anggota Airbone, Kamis (16/5/2019).

Ida mengamini bahwa apa yang dilakukan Airbone bukan sebatas suporter Persebaya biasa. Menurutnya, lewat gerakan sosial di kampus sangat mudah untuk untuk menjadikan citra positif bagi bonek. “Meski Airbone tidak sebesar komunitas lainya, saya disini merasa terayomi dan seperti keluarga sendiri, serta peka terhadap kondisi sosial sekitar,” ucap bonita dari fakultas Vokasi Unair ini.

Airlangga Bonek sendiri terdiri dari mahasiswa Universitas Airlangga pecinta Persebaya. Selain terlibat aktif dan banyak dalam gerakan sosial. Komunitas yang memiliki slogan Nekat, Excellent with Morality ini juga aktif berpatisipasi dalam parade komunitas yang diselenggarakan oleh pihak kampus. [juf/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar