Olahraga

KONI Banyuwangi Galang Dana Untuk Porprov

Banyuwangi (beritajatim.com) – Buntut minimnya dana hibah yang diterima KONI Banyuwangi untuk cabang olahraga (Cabor) mengakibatkan prahara di tubuh induk organisasi olahraga di Bumi Blambangan itu.

Tak ingin prestasi olahraga menguap di ajang 4 tahunan Porprov Jawa Timur, KONI Banyuwangi berencana menggalang dana.

Rencana itu nampaknya tak sekedar wacana belaka. Karena pengurus KONI Banyuwangi telah kehabisan akal untuk membantu cabor agar tetap eksis di panggung Jawa Timur, Juli mendatang.

“Mengingat, karena dana tidak ada dan demi atlet Banyuwangi yang sudah 4 tahun menunggu Porprov, diputuskan atlet dijadwal dari masing-masing cabor untuk disebar ke berbagai lokasi yang strategis gunan penggalangan dana dari simpatisan kardus,” ucap Sekretaris Umum KONI Banyuwangi, Mukayin, Sabtu (12/1/2019).

Ini menjadi opsi terakhir guna menyiasati kekurangan anggaran di masing-masing cabor. Bahkan lebih dari itu, cabor siap berangkat meski di gelanggang perang tidur di tenda.

“Jika penggalangan dana lewat kardus gagal, opsi terakhir kontingen Banyuwangi sudah bulat bawa tenda sebagai upaya menekan biaya,” tegasnya lagi.

KONI Banyuwangi telah resmi menerima dana hibah dari pemerintah daerah sebesar Rp 2,75 Milyar. Jumlah itu menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 5,5 Milyar.

Hal ini yang menjadi pengungkit prahara di tubuh KONI Banyuwangi. Dana pembinaan yang semula melimpah untuk setiap cabor, namun kini terpangkas oleh imbas pengurangan itu. Imbas lainnya Banyuwangi pada 2015 lalu menjadi tuan rumah Porprov kini harus rela absen. Cabor diijinkan ikut asal berani menanggung biaya sendiri. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar