Olahraga

Imbas Kericuhan Suporter

Komdis Sanksi Tanpa Penonton dan Denda Rp 20 Juta, Persibo Rencana Banding

Surabaya (beritajatim.com) – Dampak dari kerusuhan yang terjadi pada suporter berdampak pada tim asal Bojonegoro saat bertandang ke markas Laskar Angling, Nganjuk Ladang FC, Sabtu (5/10/2019) lalu. Sanksi pun dijatuhkan.

Persibo Bojonegoro harus membayar denda sebesar Rp 20 juta. Bukan hanya denda, pada sisa laga di komeptisi Liga 3 Jatim ini. Persibo diharuskan menggelar laga tanpa penonton.

Dengan kejadian ini, manajemen Persibo menilai terlalu berat. Melalui Humas Ibnu Muttaqin, Persibo akan mengajukan banding. ”Kemungkinan besar kami akan mengajukan banding. Agar ada toleransi hukuman kepada kami,” ucap Ibnu.

Otomatis pertandingan tanpa penonton, jelas pemasukan Persibo dari tiket penonton akan berkurang. Biasanya panpel Persibo menjual tiket VIP seharga Rp 25 ribu, dan Rp 15 ribu untuk bangku ekonomi. Dengan kapasitas stadion yang menjapai 20 ribu penonton setidaknya Persibo kehilangan pemasukan hingga ratusan juta rupiah.

Kerugian moril pun pastinya berpengaruh. Tanpa suporter bisa jadi akan menyurutkan semangat penggawa Persibo di lapangan. Pasti mereka butuh dukungan suporetr agar target lolos ke Liga 2 bisa tercapai.

Disisi lain, Hingga tadi malam Asprov PSSI Jatim belum menerima surat banding dari Persibo Bojonegoro. ”Belum kami terima. Kami persilahkan untuk banding. Mereka punya waktu tiga hari sejak sanksi tersebut diberitahukan. Silahkan ketentukan banding dipelajari sebagaimana kode disiplin baik syarat formal maupun materilnya,” kata sekretasis Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin.

Sementara itu, atas sanksi yang diberikan kepada Persibo. Asprov Jatim berinisiatif untuk menyiarkan live laga Persibo baik kandang maupun tandang. Tayangan pertandingan Persibo dapat disaksikan oleh suporter di mycujoo.tv.

”Karena kami sangat paham animo suporter untuk menonton laga Persibo sangat tinggi. Untuk itu kami berencana untuk menyiarkan laga Persibo secara live,” tutur Amir. [way/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar