Olahraga

Jeep Adventure Jalur Ekstrim Gunung Kelud, Begini Rintangannya

Kediri (beritajatim.com) – Saat ini adventure Gunung Kelud memiliki dua jalur yang berbeda. Kalau biasannya yang melalui jalur landai yang disebut jalur ‘fun’, kini telah hadir jalur ekstrem bagi para profesional.

Jalur ekstrem adventure Kelud memiliki panjang sekitar 15 km yang membelah perkebunan PD Margomulyo. Dikatakan ekstrem karena memiliki tingkat kesulitan tinggi, cukup memacu adrenalin dan menguras tenaga.

Terdapat 4 titik jalur yang memiliki tanjakan dan turunan dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Hal ini membutuhkan skill tinggi untuk menaklukkannya. jalur tersebut dijajal tingkat kesulitannya oleh tim yang terdiri dari pengamat wisata Ir. H. Sutrisno, MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir. Adi Suwignyo, Plt. Kepala Dinas Kominfo Krisna Setiawan, Plt. Kepala DLH Putut Agung Subekti dan beberapa instansi terkait serta para penghobi jeep adventure.

Pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB para rombongan yang menggunakan 8 kendaraan 4X4 turun ke lintasan tersebut. Memasuki rintangan yang pertama rombongan dibuat kewalahan, hanya beberapa mobil yang dapat naik dengan sukses. Sedangkan yang lain ditarik dengan “winch” dikaitkan besi yang sudah disediakan.

Memasuki rintangan kedua dan seterusnya berkat kerjasama tim yang solid, rintangan dapat ditaklukkan dan sekitar pukul setengah 12 siang dapat mencapai garis finish yaitu parkiran atas. Putut Agung Subekti yang juga pecinta olah raga ekstream ini menjelaskan, secara teknis jalur ini dibuat hanya untuk profesional yang memiliki skill dan sudah terbiasa dengan jalur yang ekstrem seperti ini.

“Kami sudah memperhitungkan tingkat kesulitannya, untuk itu kami memasang besi sebagai alat memasang winch jika mobil tidak bisa naik. Diharapkan mobil yang digunakan kondisinya fit dan peralatannya lengkap. Dalam menjelajah jalur ini dibutuhkan pula kerjasama tim yang solid, jadi tidak dianjurkan berangkat sendiri,”katanya.

Ir. Adi Suwignyo Kepala Disbudpar Kab. Kediri menyampaikan, pembuatan jalur ini dikerjakan sekitar 1 minggu yang lalu. Dengan bertambahnya jalur adventure Kelud diharapkan akan dapat meningkatkan daya tarik pengunjung untuk berwisata di Gunung Kelud.

Pastinya tidak rugi dengan biaya Rp 375.000 kita bisa menjelah lereng Gunung Kelud dan menikmati keindahnnya. Di tengah-tengah perjalanan, sejauh mata memandang hanya keindahan yang didapat.

Dari kejauhan kita bisa melihat puncak Gunung Kelud dan Sumbing. Jalur yang kita lalui merupakan area dari PD. Perkebunan Margomulyo yang di sekitarnya ditanami buah nanas, tebu, sengon dan sebagainya. [adv kominfo/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar