Olahraga

Inilah Cerita Dibalik Asal Usul Maskot Poprov Jatim VI 2019

Surabaya (beritajatim.com) – Ada cerita unik di balik maskot Porprov VI 2019 yang baru dilaunching oleh Gubernur Jawa Timur. Ada empat maskot yang dikeluarkan seperti Si Giro, Si Lawe, Si Lilo dan Si Meli.

Pertama, Si Giro (maskot Kabupaten Gresik) adalah karakter Kerbau Giras yang menjadi simbil berkobarnya semangat masyarakat Gresik secara umum.

Kedua, Lilo (maskot Kabupaten Lamongan) yakni Bandeng dan Lele sebagai inspirasi bentuk dan karakter. Lilo initial Lele lokal khas Lamongan merepresentasikan kelincahan, kecerdasan dan semangat juang tanpa henti yang mampu mengobarkan jiwa dan semangat di Porprov VI ini.

Ketiga, Si Lawe (maskot Kabupaten Tuban). Si Lawe adalah simbol kuda yang membawa jiwa semangat, kecepatan, kekuatan, menjunjung nilai sportivitas, fair play dan penuh komitmen. Si Lawe ini adalah penggambaran dari sosok ketokohan RH Ronggolawe, Adipati Tuban.

Keempat, Si Meli (Maskot Kabupaten Bojonegoro). Si Meli adalah Mliwis Putih yang merepresentasikan kebanggaan masyarakat Bojonegoro yang berkepribadian lincah, cepat, cerdas dan berprestasi.

Porprov VI/2019 ini mengusung tema Jawa Timur Menembus Dunia. Tema ini merupakan gambaran tekad dari ajang multievent ini agar menghasilkan atlet-atlet yang nantinya bisa berprestasi tingkat dunia, karena terbukti di event SEA Games dan Asian Games, atlet-atlet Jatim jadi backbone kontingen Indonesia.

Sedangkan seiring dengan era 4.0, slogan dari Porprov VI/2019 adalah: Atlet milenial Jatim menuju prestasi puncak. Porprov VI/2019 ini juga mencatatkan diri sebagai Pekan Olahraga Provinsi terbesar di Indonesia karena total akan diikuti 7.818 atlet, 2.484 ofisial atau total ada 10.302 peserta yang terlibat langsung dengan event ini. Porprov VI/2019 ini akan diikuti 40 cabor dengan 525 nomor yang dipertandingkan/dilombakan.

Gubernur Khofifah berharap pelaksanaan Porprov ke depan bisa kembali digelar dua tahun sekali. Terakhir Porprov digelar pada 2015 di Banyuwangi. [way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar