Olahraga

Piala AFF U-18

Indonesia Gunduli Timor Leste 4-0

Binh Duong (beritajatim.com) – Tim Nasional Indonesia U-18 sukses meraih kemenangan kedua saat jumpa Timor Leste dalam laga kedua di ajang Piala AFF U-18. Pasukan Fakhri Husaini membungkam lawan dengan skor telak 4-0, dalam pertandingan yang tersaji di Stadion Bihn Duong, Vietnam, Kamis (8/8/2019). Gol-gol Garuda Nusantara dicetak oleh David Maulana, Muhammad Salman Alfarid, Beckham Putra Nugraha dan Sutan Zico.

Babak pertama David Maulana dan kawan-kawan langsung menekan lawan. Sebanyak 10 tendangan sudah dibuat oleh mereka. Dari semua tendangan itu, tiga diantaranya bersarang ke gawang lawan. Timor Leste bukannya tanpa ancaman. Mereka pun bisa melepaskan sebanyak tujuh kali tembakan.

Dikutip dari laman resmi PSSI, gol pertama Indonesia tercatat atas nama David Maulana pada menit kesembilan. Ini menjadi gol kedua David dalam ajang tersebut. Kemudian, Mohammad Salman Alfarid menggandakan keunggulan pada menit ke-42.

Beckham Putra Nugraha menyumbangkan satu gol melalui titik putih, pada masa injury time babak pertama membuat Indonesia unggul 3-0. Pelanggaran pada Sutan Zico yang dilakukan Jaimito A. Da Dosta Soares adalah penyebabnya.

Indonesia mengancam pada menit ke-50 lewat tendangan Zico. Bola sepakan pemain nomor punggung sembilan itu masih bisa diantisipasi oleh kiper Timor Leste, Georgino Jose Da Silva.

Tendangan pemain Timor Leste, Gumario Augusti Fernandes Da Silva Moreira, dari tengah lapangan pada menit ke-54 bisa ditepis oleh kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi. Ernando masih sigap pada menit ke-64. Sundulan dari Danilson C. Araujo meneruskan tendangan sudut bisa ditangkap dengan sempurna.

Sepakan David Maulana pada menit ke-68 melenceng. Umpan Bagas Kahfa dari sisi kanan bisa diantisipasi bek Timor Leste, bola liar disambar oleh David, yang arahnya masih melenceng.

Tiga menit kemudian, tendangan Zico yang gagal membuahkan hasil. Bolanya melenceng ke kanan gawang Timor Leste. Sama halnya dengan tendangan Zico dari luar kotak penalti pada menit ke-75, masih ditangkap Georgino.

Aksi individu pemain Timor Leste, Aldo Amaral pada menit ke-76 membahayakan gawang Indonesia. Tendangan jarak jauh nomor punggung 5 itu tepat sasaran, bisa diantisipasi Ernando.

Berkali-kali hampir tampak frustrasi, akhirnya Sutan Zico menambah gol Indonesia pada menit ke-80. Umpan silang David Maulana via tendangan bebas bisa dikuasai Zico di kotak penalti. Dengan tenang, pemain nomor 9 memasukkan bola ke gawang. Ini merupakan gol kedua Zico dalam turnamen itu.

Keributan terjadi pada menit ke-89. Salvador V. Da Silva menginjak Supriadi hingga memancing keributan. Wasit langsung mengganjar kartu merah ketika tensi sudah mereda. Di sisa pertandingan tak ada gol tercipta, Indonesia menang 4-0 atas Timor Leste.

Torehan kemenangan ini menempatkan Indonesia di posisi pertama Grup A klasemen sementara Piala AFF U-18 2019. Indonesia mengumpulkan enam poin dari dua kali bertanding, sementara raihan poin Timor Leste masih tiga poin.

Selanjutnya, Indonesia akan meladeni kekuatan dari Brunei Darussalam, hari Sabtu (10/8) pukul 16.00 waktu setempat, di Stadion Binh Duong. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar