Olahraga

GBT Dipantau FIFA, La Nyalla Tegaskan Suporter Harus Berbenah

Surabaya (beritajatim.com) – Suporter yang melakukan tindak kekerasan dan pengrusakan seharusnya harus dibenahi, terutama di kota Surabaya.

Ketua DPD-RI, La Nyalla Mattalitti turut prihatin ulah suporter yang melakukan aksi perusakan sejumlah fasilitas  di Stadion Gelora Bung Tomo, pada 29 Oktober 2019 kemarin.

“Sudahlah, suporter jangan bertindak anarkis lagi, karena apa? Kita saat ini sedang dipantau oleh FIFA, sebab kita mau jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021,” kata La Nyalla ketika berkunjung di Kantor Negara Grahadi, Jumat 1/10/2019).

La Nyalla menyebut kejadian di Stadion Gelora Bung Tomo akibat ulah suporter Persebaya menjadi catatan tersendiri oleh FIFA. Karena hal tersebut saat ini banyak yang menyorori Indonesia terutama jelang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Karena bagaimanapun itu dari pihak FIFA dan AFC pasti memantau Indonesia. Nah kalau seperti itu tentu harus berhati-hati,” imbuh dia.

Selain itu, pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umun PSSI tahun 2015 hingga 2016 itu menyampaikan, FIFA bisa saja mencabut pemilihan tuan rumah, kalau suporter tak bersifat baik. Apalagi kalau hal tersebut benar terjadi, tentu akan merugikan Indonesia.

“Kalau mereka merasa tidak nyaman, imbasnya bukan hanya di Surabaya saja tapi Indonesia. Karena sewaktu-waktu, kalau dia mau pindah pasti akan dipindah,” ujar dia.

Meski begitu, La Nyalla menilai hal semacam itu masih bisa diatasi. Apalagi di Surabaya kemarin juga tak sampai merusak banyak fasilitas stadion.

“Saya yakin masih bisa diatasi lah, apalagi kerusuhan itu masih urusan biasa hanya suporter, mudah-mudahan bisa diperbaiki, dan Indonesia tetap jadi tuan rumah,” ucap dia.

La Nyalla secara langsung sangan mendukung Surabaya menjadi salah satu venue yang diajukan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Meski nantinya Stadion Gelora Bung Tomo harus bersaing dengan sembilan stadion lain untuk dipilih menjadi enam.

“Saya sangat mendukung sebagai tuan rumah, cuma saya juga harap masyarakat pecinta sepak bola di Surabaya turut mensukseskan Piala Dunia U-20 tahun 2021,” ucap La Nyalla.[way/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar