Olahraga

Firmino Aslinya Gelandang, Pernah Bek Tengah

Surabaya (beritajatim.com) – Perjalanan karier Roberto Firmino ke posisi yang lebih menyerang di lapangan dipengaruhi oleh keterampilan khas rekan senegaranya yang memenangkan Piala Dunia, yakni Ronaldinho, dan kemampuan manajemen Jürgen Klopp.

“Saya kagum dengan caranya bermain sepakbola,” kata penyerang Liverpool itu kepada majalah Eight by Eight terkait pendapatnya tentang Ronaldinho.

“Namun itu tidaklah cukup. Saya perlu meningkatkan permainan saya sendiri, untuk mencoba menjadi pemain sepak bola terbaik di dunia. ”

Meskipun kadang-kadang digunakan dalam peran yang lebih mendalam musim ini, posisi tetap sang pemilik No.9 sejak kedatangan Klopp sebagai manajer The Reds adalah penyerang tengah.

Firmino mengakui adaptasi terhadap peran itu diperlukan, tetapi pencapaian 61 gol dalam 181 pertandingan untuk klub mendukung keyakinan Klopp dalam kemampuannya untuk membuat adaptasinya berhasil.

“Saya adalah seorang gelandang, dan saya bahkan pernah bermain sebagai bek tengah,” pemain internasional Brasil menjelaskan tentang evolusinya, dari kota kelahirannya Maceio ke Bundesliga ke Merseyside.

“Tetapi setiap kali saya mendapatkan bola, saya akan mulai menggiring bola dan bergabung dengan serangan. Jadi setiap tahun saya berevolusi sedikit lebih maju ke depan.

“Begitu saya sampai di U17, saya menjadi nomor 10, yang merupakan posisi saya hingga saat ini – ketika saya membuktikan diri sebagai penyerang tengah.

“Adalah ide Klopp untuk menjadikanku nomor sembilan. Tetapi saya menerima peran ini dan menyesuaikannya. Sekarang saya ingin melanjutkan di posisi ini sampai akhir karir saya.”

Klopp sebelumnya menyebut Firmino sebagai ‘mesin’ tim Liverpool yang mencapai final Champions League musim lalu dan berjuang untuk kemenangan Premier League musim ini.

“Hubungan kami sangat baik. Dia adalah pelatih yang sangat baik, orang yang luar biasa, sangat bersemangat di lapangan, “kata pemain berusia 27 tahun itu seperti pujian dari manajernya.

“Ketika dia mengatakan itu padaku, itu pertanda bahwa aku telah memenuhi apa yang dia inginkan. Itu memotivasi saya untuk terus maju, untuk melakukan hal-hal yang dia minta,” tandasnya. [but]

Sumber: liverpoolfc.com

Apa Reaksi Anda?

Komentar