Olahraga

Diikuti 17 Negara, Tuan Rumah Indonesia Kejar Juara Umum di Badminton Asia U-17 & U-15 Junior Championships 2019

Wakil Sekjen PP PBSI, Wijanarko Adi Mulya (batik hijau) dan Chooi Weng Sheng (tengah) bersama Pengurus Harian PBSI Jatim serta perwakilan sponsor.

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai tuan rumah, Indonesia mematok target juara umum di ajang Badminton Asia U-17 & U-15 Junior Championships 2019 yang berlangsung di GOR Sudirman, Surabaya, 11-15 Desember. “Sebagai tuan rumah, tentunya target PBSI adalah juara umum,” kata Wakil Sekjen PP PBSI, Wijanarko Adi Mulya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (10/12/2019).

Dalam kejuaraan kelompok umur yang menjadi agenda resmi Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) itu, tahun ini akan diikuti 388 pebulutangkis yang berasal dari 17 negara, antara lain, Korea, Jepang, India, Taiwan, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Indonesia sendiri menempatkan 17 wakilnya di kejuaraan Asia kelompok umur ini. Dari jumlah tersebut, tak satupun berasal dari Jawa Timur (Jatim). Termasuk, puslatda Jatim. “Atlet puslatda tidak ada yang turun. Usia mereka sudah lewat. Lagi pula hanya pebulutangkis yang memiliki peringkat 1 sampai 8 nasional terbaik yang tampil di kejuaraan ini. Sedangkan atlet Jatim, poinnya belum sampai seperti yang ditentukan PBSI,” ungkapnya.

Ditambahkan Negara-negara yang tampil di kejuaraan Asia U-17 dan U-15 ini, menurutnya, adalah negara terkuat di Asia di kelompok junior. Mereka antara lain Korea, Jepang, India, China Taipeh, Malayasia dan Thailand. “Even ini menjadi salah satu jembatan untuk meraih level tertinggi. Korea bahkan sudah melakukan TC U-15. Bandingkan dengan Indonesia, untuk atlet usia muda baru ditangani oleh klub-klub,” tutur Ketua Umum Pengprov PBSI Jatim ini.

Kejuaraan yang berlangsung selama lima hari itu, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran untuk masing-masing U-17 dan U-15. “Semua pebulutangkis yang dikirimkan adalah mereka yang terbaik di tiap negara atau rangking di BAC level kelompok U-17 dan U-15,” tambah Senior Event Badminton Asia, Chooi Wang Sheng. (kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar