Olahraga

Demi Banyuwangi, 37 Cabor Nekat Berangkat ke Porprov

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah cabang olahraga di Banyuwangi memastikan akan turun dalam perhelatan Porprov Jatim 2019. Kepastian itu didapat setelah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banyuwangi mendapat daftar kontingen yang akan berangkat ke gelaran olahraga multievent itu.

“Dari 40 cabor yang dipertandingkan, Banyuwangi mengikuti 37 cabang,” kata Sekretaris Umum KONI Banyuwangi, Mukayin, Rabu (16/1/2019).

KONI Banyuwangi juga mendata atlet yang akan memperkuat cabang olehraga masing-masing. “Jumlah atlet putra 267 orang, putri 170 orang dan official/ manajer sebanyak 118 orang,” ungkapnya.

KONI Banyuwangi telah menentukan deadline cabor yang akan ikut dalam Porprov, pada Selasa (15/1/2019). “Hingga batas waktu itu, Pukul 15.29 WIB yang belum konfirmasi ada 2 cabor, yaitu PDBI (drumband) dan Perserosi (sepatu roda),” pungkasnya.

Sebelumnya, KONI Banyuwangi memutuskan tak ikut dalam ajang Porprov Jawa Timur 2019. Alasannya, minimnya anggaran yang didapat oleh induk organisasi olahraga di Bumi Blambangan itu.

Tahun ini, KONI Banyuwangi mendapat kucuran anggaran hibah pemda sebesar Rp 2,75 Milyar. Jumlah itu berkurang dari tahun lalu yang mencapai Rp 5,5 Milyar.

Akibatnya, berpengaruh pada dana pembinaan yang didapat setiap cabang olahraga. Sontak, kondisi ini membuat cabor harus putar budget untuk ikut dalam Porprov.

Namun, keputusan cabor untuk ikut Porprov memang bukan lantaran adanya paksaan. Pasalnya, KONI Banyuwangi telah memberikan keleluasaan setiap cabor untuk memilih antara ikut atau absen.

“Demi nama Banyuwangi dan prestasi para atlet yang telah lama menantikan ajang ini, jadi perhitungan kita akan tetap ikut dalam Porprov. Dana yang kita dapat kemarin, kita fokuskan untuk Porprov. bagaimanapun dan apapun resikonya, pokok main Porprov,” kata Pelatih Hoki Banyuwangi, Wakhid Fitroya Faturrahman.

Pada Porprov nanti, FHI Banyuwangi akan menurunkan sebanyak 32 atlet. Mereka akan turun di kelas indoor dan outdoor (field). “Kita sudah lakukan TC setiap minggu pagi, nanti mendekati 2 bulan jelang Porprov mereka akan kita bawa ke mess,” pungkasnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar