Olahraga

Preview Persebaya vs PS Tira

Bonek: Irfan Jaya Cetak Gol, Hidayat Kunci

Surabaya (beritajatim.com) – Irfan Jaya dijagokan Bonek bakal mencetak gol dalam pertandingan menghadapi pemuncak klasemen Liga 1 PS Tira Kabo, di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (21/7/2019) malam.

Sementara itu, gelandang bertahan Muhammad Hidayat diyakini bakal menjadi kunci kemenangan atas PS Tira. “Hidayat dari beberapa laga terakhir paling konsisten permainannya. Spiritnya Persebaya banget. Jika pola serangan PS Tira Kabo bermula dari sektor tengah, itu sama saja sia-sia. Sebab, Hidayat telah menantinya,” kata Rifi Haju, Bonek yang pernah menjadi finalis kontes Cak dan Ning Surabaya.

Dhion Prasetya alias StatsDhion sepakat jika Gidayat bakal jadi kunci permainan. “Bagaimana dia bisa mengunci Louise Parfait bakal menjadi kunci kemenangan Persebaya,” kata Bonek spesialis statistik Persebaya ini.

Kintoko Aji, Bonek asal Madiun, melihat hanya Hidayat yang bisa diharapkan jadi pemutus serangan PS Tira di sektor tengah. “Dua gelandang Persebaya lain tidak ada yang bagus dalam bertahan,” keluhnya.

“Jika Dayat dapat bermain maksimal sebagai perebut bola dan pematah serangan lawan kemudian dapat mendistribusikan bola dengan baik, Persebaya bisa dipastikan menang. Sebaliknya jika Dayat kalah duel, maka lini belakang Persebaya harus bekerja lebih keras agar tidak kebobolan,” kata Andhi Mahligai, Bonek Jakarta.

Namun, di mata Dianita Iuschinta, anggota Bonek Writer Forum, Hidayat akan maksimal saar berpasangan dengan Damian Lizio. “Mereka berdua yang punya karakter pengobrak-abrik pertahanan lawan. Mereka yang paling wani selama ini,” katanya tertawa.

Siapa yang bakal masuk bursa pencetak gol? “Irfan Jaya. Pertandingan terakhir melawan PS Tira di Piala Presiden, Persebaya berhasil menjinakkan PS Tira melalu serangan lewat sayap. Kala itu Oktafianus Fernando menjadi kripton untuk PS Tira. Hari ini, IJ41 akan tampil menjadi pembeda. Seperti penampilan ngoseknya saat melawan PSM kemarin, besar kemungkinannya ia akan kembali tampil sangat spartan nantinya,” kata Kukuh Ismoyo, salah satu Bonek yang dikenal dengan julukan Paido Boys.

Selain Irfan, Amido Balde, Manu Jalilov, dan Osvaldo Haay dijagokan Bonek bakal mencetak gol ke gawang PS Tira.

“Jalilov – Lizio – Irfan Jaya. Skema tiga penyerang dipasang sejajar sudah nyetel,” kata Anom Hafit Nurcahyo Putro, salah satu Bonek di Jogja.

“Setelah melalui rangkaian hasil buruk, harusnya dlm pertandingan ini Persebaya mempunyai motivasi lebih untuk menang karena bermain di depan pendukungnya sendiri. Hari ini PS Tira kan melihat atmosfer GBT yang berbeda dan mencekam karena seluruh tribun menghitam untuk penghormatan pada almarhum Joner (salah satu tokoh Bonek, red),” tambah Andhi. (Wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar