Olahraga

Barcelona Tundukkan MU di Old Trafford

Manchester (beritajatim.com) – Manchester United harus mengakui keunggulan Barcelona pada leg pertama perempatfinal Liga Champions. Setan Merah tumbang 0-1.

Berlaga di Old Trafford, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB, satu-satunya gol yang tercipta di laga ini terjadi di babak pertama melalui gol bunuh diri Luke Shaw. Meski kalah 0-1, peluang MU belum tertutup dimana leg kedua akan digelar di Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Bagi Barcelona, hasil imbang sudah cukup untuk melaju ke semifinal.

Jalannya pertandingan
MU mendapat peluang pertama di menit keenam. Wasit memberikan tendangan bebas setelah Busquets melakukan tekel cukup keras kepada McTominay. Rashford, yang menjadi eksekutor tendangan bebas, melepaskan tendangan keras ke pojok kiri gawang. Sayang, arahnya masih sedikit melebar.

Barcelona berhasil mencetak gol di menit ke-12. Umpan silang Messi dari kotak penalti ke tiang jauh ditanduk Suarez. Bola sedikit mengenai Luke Shaw dan masuk ke gawang sendiri. Hakim garis sempat menganulir gol tersebut karena menilai lebih dulu terjadi offside. Tapi, setelah menggunakan VAR, wasit mengesahkan gol tersebut.

MU berupaya menyamakan skor di menit ke-23. Mendapat ruang tembak di luar kotak penalti, Rashford tak ragu melepaskan tendangan keras ke gawang. Tapi, kembali arah bola masih belum tepat sasaran. Di 25 menit awal, Barcelona mendominasi penguasaan bola. Tapi, MU berhasil keluar dari tekanan, tampil agresif, dan melakukan pressing saat Barcelona menguasai bola.

Barcelona nyaris menggandakan skor di menitke-36. Suare memberikan umpan ke arah Coutinho di luar kotak penalti. Mantan pemain Liverpool langsung melepaskan tendangan keras menyusur tanah. Beruntung bagi MU, De Gea bisa menghalau bola menggunakan kaki.

Peluang bagus didapat MU di menit ke-40. Umpan silang Rashford ke tiang jauh ditanduk Dalot. Alih-alih mengarahkan bola ke gawang, dia justru memberikan umpan ke tengah dimana tak ada pemain MU. Peluang mencetak gol lebih besar andai Dalot langsung menanduk bola ke gawang. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Babak kedua memasuki menit ke-54, MU mendapat kans menyamakan skor. Bola liar di kotak penalti disambut tendangan voli yang dilepaskan Rashford. Sayang, arah bola jauh melenceng karena Rashford menendang menggunakan lututnya.

Menit ke-65, giliran Barcelona yang mendapat peluang bagus menggandakan skor. Merima umpan lambung Semedo, tendangan first time Suarez mengarah ke tiang dekat. Beruntung bagi MU, bola masih sedikit menyamping di kanan gawang.

Dua menit berselang, kembali Barcelona mengancam. Kali ini Alba melepaskan tendangan menyilang dari kotak penalti. Tapi, De Gea mampu menyapu bola dengan kakinya. MU mendapat tendangan bebas di menit ke-71. Rashford mengambil ancang-ancang dan melepaskan tendangan ke arah gawang, tapi bola masih melambung tinggi di atas mistar.

Menit ke-84, Barcelona mendapatkan tendangan bebas sedikit di luar kotak penalti. Messi, yang menjadi eksekutor, melepaskan tendangan mendatar melewati pagar betis. Bola sempat berubah arah, tapi De Gea tetap mampu mengamankan gawangnya.

Tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. [inilah.com]

Susunan pemain

Manchester United: David de Gea; Ashley Young (c), Chris Smalling, Victor Lindelof; Diogo Dalot, Fred, Scott McTominay, Paul Pogba, Luke Shaw; Marcus Rashford (Pereira 85′), Romelu Lukaku (Martial 68′) (Lingard 74′).

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Roberto 66′), Sergio Busquets (Alena 90’+3′), Ivan Rakitic; Lionel Messi (c), Luis Suarez, Philippe Coutinho (Vidal 66′).

Apa Reaksi Anda?

Komentar