Olahraga

Askab PSSI Pamekasan Gagas Kompetisi Kelompok Umur

Pamekasan (beritajatim.com) – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Pamekasan, berencana menggelar kompetisi internal katagori kelompok usia, beberapa bulan kedepan.

Hal itu merupakan salah satu program prioritas yang dibahas dalam Kongres 2019 Askab PSSI Pamekasan, yang digelar di Auditorium Balairedjo, Jl Niaga, Sabtu (30/3/2019). Salah satunya sebagai upaya pembinaan pemain usia dini.

“Dalam program ini kita prioritaskan pembinaan usia dini, rencananya kompetisi usia 13 tahun, usia 15 tahun dan usia 21 tahun kita laksanakan sebelum lebaran tahun ini,” kata Ketua Askab PSSI Pamekasan, Djohan Susanto.

Selain itu, kompetisi tersebut nantinya bakal diterapkan batasan usia maksimal 21 tahun ditambah pemain usia 23 tahun dengan jumlah terbatas. “Untuk kelas utama bisa menggunakan tiga pemain U23, apalagi para pemain dalam skuad U21 juga bisa kita proyeksikan untuk memperkuat Persepam di Liga 3 (musim 2019),” ungkapnya.

“Sebenarnya kita sudah punya skuad U21 yang tampil di ajang Pra Porprov (Jatim) kemarin, apalagi umurnya juga mencukupi. Tapi kita bisa menambah kekurangan itu melalui kompetisi internal ini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengaku sempat kesulitan melakukan seleksi terhadap sejumlah talenta muda di Pamekasan. Terlebih beberapa pemain binaan juga ada yang sudah menjadi bagian dari Akademi Madura United FC dan berkompetisi di ajang kompetisi kelompok usia.

“Para pemain yang sudah bergabung dengan Madura United sudah tidak bisa ikut di kompetisi ini, karena sudah beda kelas dan juga faktor regulasi,” sambung mantan pemain Gresik United dan PSS Sleman.

Namun pihaknya tetap komitmen untuk terus mendorong sejumlah pemain muda untuk berprestasi, salah satunya dengan harapan bisa menjadi pemain profesional. “Insya’ Allah ada tujuh orang yang berada di Madura United, tapi kita harus dorong itu. Apalagi hal itu juga sebagai bagian dari target kita menjadikan pemain berprestasi,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar